Konseling Behavioristik Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mengatasi Anak Yang Tidak Menghargai Guru Les Di Desa Wonoketingal Karanganyar Demak

Linda Imawati
Sucipto Sucipto
Santoso Santoso

Abstract


Tujuan penelitian ini  adalah 1. Mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku anak yang tidak menghargai guru les di desa wonoketingal karanganyar demak, 2. Mendiskripsikan penerapan konseling behavioristik dengan teknik modeling pada anak les di desa wonoketingal karanganyar demak. Perilaku tidak menghargai guru merupakan salah satu sikap yang harus dihilangkan dalam diri. Konseling behavioristik dengan teknik modeling simbolik adalah upaya pemberian bantuan anak untuk mengubah perilaku konseli agar dapat memecahkan masalahnya. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus yang dilaksanakan di tempat Majlis Ta’lim Alhusna Sedangkan subjek penelitian ini ada 3 klien yaitu PWR anak  SMP,RMA dan JN anak SMA yang mempunyai masalah tidak menghargai guru, kegiatan ini berlangsung tiga kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini bahwa proses konseling ditempat belajar les didesa wonoketingal karanganyar demak, sudah mampu mengubah tingkah lakunya dengan baik.


Keywords


KonselingBehavioristik; Teknik Modeling Simbolik; tidak menghargai guru les.

Teks Lengkap:

117-122

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asrori.Moh. (2008). Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendididkan Nasional

Budiyanto, Yasin. 2013. Studi Kasus Memperbaiki Etika Siswa Terhadap Guru Melalui Konseling Behavioristik di Kelas XI TAV 3 SMK N 2 Kudus 2013/2014. Skripsi. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Corey, Gerald. 2009. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung: Refika Aditama

Dediknas.2003.Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdikbud. 1997. Studi Kasus. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Umum.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Komalasari, Eka Wahyuni & Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling.Jakarta: PT Indeks

Lubis, Namora Lumongga. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong,M.A, 2009, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Rahardjo, Susilo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Universitas Muria Kudus

Willis, Sofyan S. 2010. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6474

Article Metrics

Abstract views : 264| 117-122 views : 517

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: