Peran Kepala Sekolah dalam Mendidik Karakter Pada Masa Pandemi Bagi Siswa SD

Suhartinah Suhartinah

Abstract


Salah satu kunci keberhasilan pendidikan pada masa pandemi adalah dengan cara pembentukan karakter siswa. Membentuk karakter harus diawali mendidik karakter oleh Kepala Sekolah. Penelitian ini berupaya untuk menggali informasi tentang implementasi pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 yang dilakukan di SDN Kalianget Timur I. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara dan studi pustaka. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 bagi siswa sekolah dasar dengan cara pengintegrasian nilai-nilai karakter yang tertuang dalam setiap pelajaran, keteladanan dari seorang guru dan orang tua serta kemitraan hubungan yang baik antara orang tua, guru dalam mengimplementasikan karakter dalam proses pembelajaran selama masa pandemic.

Keywords


Peran Kepala Sekolah, Karakter Siswa SD

Teks Lengkap:

146-151

Referensi


Akhwani, A. (2019). Strategy of Digital Etiquette Education of Elementary School Students. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 43. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1378

Haqiqi, M. I., Mariani, Scolastika., & Masrukan. (2017). Karakter Tanggung Jawab dan Keterampilan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan. Jpe, 6(1), 21–26. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Jurnal Education, 5(2), 1–12. file:///C:/Users/7/Downloads/467-554- 1-SM.pdf.

Jamilah. (2020). Guru Profesional di Era New Normal: Review Peluang dan Tantangan dalam Pembelajaran Daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238–247. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494.

Jamilah, Tri Sukitman. (2020). Instilling and Shaping Religious Character in Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, Vol 8 No 2, 118-125. doi: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.11884

Jamilah, J., & Mulyadi, M. (2020, September). Dampak Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID 19 pada Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Jamilah, Tri Sukitman. (2021) Penguatan Nilai Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemik COVID -19. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol, 5. No,1. 175-180. Doi: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.18753

Ridwan, M. 2014. Kurikulum (2013). dan Pendidikan Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan tema Implementasi Kurikulum 2013 dan Problematikanya, Pascasarjana UNESA Tahun 2014 (pp. 102-108).

Ridwan, M. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Permainan Tradisional Siswa Sekolah Dasar di Sumenep Madura. Prosiding Seminar Nasional Prodi PGSD dan Prodi BK FKIP UAD. ISBN: 978-602-70296-8-2

Ridwan, M. and Wahdian, A., (2017). Structure, Function and Value The Tradition of Oral Literature in Sumenep Madura. ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 1(1), pp.252-273.

Ridwan, M., (2017). Tradisi Nyanyian Anak Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), pp.49-61.

Ridwan, M., (2018). Learning of local environmental wisdom in oral literature of madurese traditional song in sumenep. ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education, 2(1), pp.93-103.

Ridwan, M., (2018). Literature Syi’ir MaduraAs A Legenskap Of Strengthening Characters In Elementary School. ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education, 2(2), pp.332-339.

Sukadari. (2018). Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah, Yogyakarta: Kanwa Publisher

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-13. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6739

Article Metrics

Abstract views : 270| 146-151 views : 110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: