PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH DASAR

Sulis Wulandari, Seri Mulia Reski, Yuli Asnita Nasution, Adyanata Lubis

Abstract


Pada saat ini berkembangnya teknologi banyak sekali yang berpengaruh pada anak salah satunya adalah penggunaan gadget. jika anak sudah kecanduan dan terkena dampak negatif oleh gadget, maka perkembangan anak pun akan terhambat. Hal tersebut menimbulkan bahaya gadget bagi anak. Bermain gadget dapat menimbulkan resiko terhadap kesehatan fisik maupun mental anak. Tentunya disini peran orangtua dan guru perlu diharapkan agar anak  tidak terkena dampak negative dari penggunaan gadget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap perkembangan siswa sekolah dasar. Adapun perkembangan yang dibahas disini adalah perkembangan dari segi psikologi, fisik, dan sosial pada siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget secara berlebihan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan anak, baik dari segi psikologi, fisik, maupun perkembangan sosial. Selain memberikan dampak positif, gadget juga bisa memberikan dampak negative terhadap anak apabila tidak diawasi oleh orang tua maupun guru.


References


Layyinatus Syifa, E. J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 527-533.

Lestari, D. (2019, November). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Di Usia Sekolah Dasar. (diakses 18 november)

Murni, (2017). Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Psikososial Pada Masa Kanak-kanak Awal 2-6 Tahun. Pendidikan Anak Bunayya, 3, 19-33.

Putri Miranti, L. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Dadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Cendekiawan Ilmiah PLS, 6, 58-66.

Yummi Arisston , F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Education Review and Research, 1, 86-91.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Prakarsa Paedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors of the Paedagogia Prakarsa Journal Status

Country of Origin of Visitors:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: