Mengatasi Kejenuhan Pembelajaran Daring Melalui Konseling Rational Emotif Therapy Pada Siswa SMK

Setffani Fabela Ardiyanti
Edris Zamroni - [ https://orcid.org/0000-0003-0129-6862 ]
Masturi Masturi
Arista Kiswantoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan faktor penyebab kejenuhan pembelajaran daring pada siswa kelas XI Jasa Boga 4 tahun pelajaran 2020/2021. 2) Membantu mengatasi kejenuhan pembelajaran daring pada kelas XI Jasa Boga 4 SMK Negeri 3 Pati Tahun Pembelajaran 2020/2021 melalui konseling Rational Emotif Therapy. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang telah dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu WAK dan NKN siswa yang mengalami kejenuhan dalam pembelajaran daring di SMK Negeri 3 Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan peneliti ialah wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga konselor bisa memperoleh data yang akurat penyebab siswa mengalami kejenuhan pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah konseli diberikan Konseling Rational Emotif Therapy konselor dapat mengetahui penyebabnya. Konseli yang mengalami kejenuhan pembelajaran daring karena menunda-nunda tugas dan berpikir bahwa percuma mengerjakan tugas kalau tidak bisa memahami materinya sehingga membuat konseli tertinggal banyak materi pelajaran dan berdampak buruk terhadap nilai siswa. Untuk membantu konseli dalam kejenuhan pembelajaran daring maka konselor menerapkan konseling Rational Emotif Therapy. Yang diharapkan dapat tidak melakukan penundaan dalam mengerjakan tugas, dan berpikir secara logis yaitu berpikir lebih baik mengerjakan tugas supaya tugasnya tidak menumpuk dan siswa tidak lagi tertinggal banyak materi pembelajaran.

Teks Lengkap:

350-361

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Asmani, Jamal Ma’mur. 2014. Tips Membangun Komunitas Belajar di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press

Abin Syamsuddin Makmun. (2000). Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Bahrer-Kohler, S. (2013).Introduction. Dalam S. Bahrer-Kohler (Editor), Burnout for Experts (page 1-7). New York : Springer.

Bimo Walgito. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Corey, Gerald.1995.Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi.Bandung: Eresco.

Creswell, W.J. 2013. Reserch Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Gumilar, A. 2013. Kejenuhan belajar pada siswa kelas 2 di sd it al-hidayah cibinong.

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzan, Lutfi. 1991/1992. Modul Ancangan Konseling Kelompok Behavioral. Malang: Depdikbud IKIP Malang.

Fauzan, Lutfi. 2007. Assertive Training: Pengembangan Probadi Asertif dan Transaksi Sosial. Depdiknas: UPT BK UM.

Haris, F. A. 2016. Pengaruh psikodrama terhadap peningkatan optimisme masa depan pada mahasiswa.

Hidayati,Richma. 2016. Psikologi Perkembangan. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. PT Gelora Aksara Pratama.

Kartini, T. 2007. Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di kelas v sdn cileunyi I kecamatan cileunyi kabupaten Bandung. Jurnal pendidikan dasar.

Khusumawati, Z. 2014. Penerapan kombinasi antara teknik relaksasi dan self-instruction untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas xi ipa 2 SMA Negeri 22 Surabaya. jurnal BK UNESA. 1-10.

Mardiyan, R. 2012. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akutansi materi jurnal penyesuaian pada siswa kelas xi ips 3 sma negeri bukittinggi dengan metode bermain peran (role playing). Pakar pendidikan.

Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naim, N. 2011. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2004. MetodologiPenelitian, cetakan keenam. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ormrod, J. Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang. Penerbit Eirlangga

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto.2016.Edisi Revisi Pemahaman Individu Teknik Non Tes.Jakarta: Prenada media grup

Rosjidan.1988. Pengantar Teori-Teori Konseling. Depdikbud Dirjen Pendidikan

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabet

Sugiyono.Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitati, dan R & D) Bandung: Alfabeta,2009

Sukardi Dewa Ketut.Pengantar Program Bimbingan dan Konseling di SekolahJakarta: Rineka cipta, 2008. Pustaka.

Suwidagdho, Dhanang. 2016. Efektivitas Terapi Tawa Untuk Menurunkan Tingkat Kejenuhan Belajar Pada Siswa XI di SMA 11 Yoyakarta. (http://journal.stident.uny.ac.id/11/1/5973/ojs/index.php/fipbk/article/viewfile/1408/1278.pdf. diakses tanggal 16 Desember 2021)

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, Eka Dkk. 2014. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeka.

Damayanti, Anita dkk, Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/7861/4676 diakses tanggal 12 Juli 2021)




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7265

Article Metrics

Abstract views : 213| 350-361 views : 97

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: