Terapi Puisi Religi untuk Meningkatkan Ekspresi Jiwa Disabilitas Mental

Irfai Fathurohman
Khamdun Khamdun
Luthfa Nugraheni
Nur Fajrie
Isna Fatkhur Rohmah

Abstract


Kesehatan mental saat ini menjadi faktor yang penting untuk dicermati dan berpengaruh pada pola pikir dalam mengatasi permasalahan kehidupan. Disabilitas mental salahsatunya yang terdampak mengalami permasalahan kesehatan mental perlu dilakukan terapi melalui terapi puisi religi untuk meningkatkan ekspresi jiwa. Pemikiran dan pengendapan permasalahan kehidupan perlu dituangkan dalam puisi sebagai media tulis karya sastra. Tujuan penelitian ini pertama, menerapkan terapi puisi religi sebagai langkah menuangkan pemikiran dan pengendapan permasalahan kehidupan bagi disabilitas mental. Kedua, melakukan terapi puisi untuk meningkatkan ekspresi jiwa bagi disabilitas mental. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Data penelitian berupa puisi religi disabilitas mental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian, pertama terapi puisi mampu menjadi media menuangkan pemikiran dan pengendapan permasalahan kehidupan disabilitas mental. Kedua, ekspresi jiwa disabilitas mental mampu tertuang dalam terapi puisi religi.


Keywords


Disabilitas; ekspresi; jiwa; puisi; religi; terapi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahsin, M. N., Fathurohman, I., Azmi, R. U., Sahputra, R. A., & Latujtaba, A. (2023, December). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Jurnalistik bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. In Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS (pp. 691-696).

Aisyah, S., Prameswari, C., Zahra, N. S., Sefiyani, W. P. K., Wardani, K., Fauza, Z. S., & Santoso, D. A. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Nilai Akhir Matematika Siswa Kelas 4 di SDN 4 Karangbener Kec. Bae Kabupaten Kudus. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(6), 96–102.

Aflahah, U., Fathurohman, I., & Purbasari, I. (2021). Gangguan Belajar dan Cara Mengatasinya dalam Film Taare Zameen Par. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1143-1153.

Fathurohman, I. (2023). Evaluasi Penilaian Ekspresi Keterampilan Membaca Puisi pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 515-521.

Fitriyani, F., & Fathurrahman, I. (2024). Kemampuan Menyusun Teks Cerita Pendek dengan Metode Simulasi Melalui Film Nyai Ahmad Dahlan pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 140-152.

Fitriana, A. N., Fathurohman, I., & Purbasari, I. (2024). Interaksi Sosial Anak Dalam Permainan Game Online Mobile Legend. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(4), 133-145.

Hariyadi, A., Kanzunnudin, M., Fathurohman, I., Waluyo, S., & Th, A. D. M. (2023, December). Sarat Cerita Rakyat Rembang sebuah Dongeng Dampu Awang: dengan Nilai-Nilai Karakter Kehidupan. In Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS (pp. 673-681).

Hikmawati, F., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Parafrase Puisi Ke Prosa Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 10-17.

Kamila, A., Fathurohman, I., & Kanzunnudin, M. (2023). Fakta Kemanusiaan dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari Kajian Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 33-39.

Listiyoningsih, D. W., Ismaya, E. A., & Rondli, W. S. (2024). Development of Instructional Media Jelas for Elementary School Students in Understanding Asean. Uniglobal Journal of Social Sciences and Humanities, 3(1), 90–95. https://doi.org/doi.org/10.53797/ujssh.v3i1.13.2024

Kanzunnudin, M., Fathurohman, I., Hariyadi, A., Waluyo, S., & Th, A. D. M. (2023, December). Nilai Kearifan Lokal dalam Cerita Rakyat Luweng Siluman Mandalika di Kabupaten Jepara. In Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS (pp. 697-711).

Khoirunnisa, S., Fathurohman, I., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Pada Instrumen EGRA (Early Grade Reading Assessment). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2336-2349.

Kuryanto, M. S., Santoso, D. A., Fardani, M. A., Rondli, W. S., & Hariyadi, A. (2023). PENDAMPINGAN SENAM WARGA PANTI PELAYANAN SOSIAL DISABILITAS SENSORIK NETRA (PPSDSN) PENDOWO KUDUS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9526–9533. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19849

Moerti, T. D., Fathurohman, I., & Ismaya, E. A. (2024). Pengaruh Program Literasi Pojok Baca terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1349-1358.

Riyanti, N., Setiawan, D., & Rondli, W. S. (2023). Pola Asuh Single Parent Berpendidikan Rendah Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 507–514. https://doi.org/doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4703

Sari, P., & Liyanti, L. (2024). Exploring Depression and Identity Formation of Turkish Adolescent Migrants in the Novel Ein Schnelles Leben. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 7(2), 229-248. https://doi.org/10.24176/kredo.v7i2.4474

Sulistiyowati, S., & Fathurohman, I. (2024). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Era Industri Kreatif di SDN Bakaran Wetan 03. Janacitta, 7(1), 38-45.

Setiawan, J., Fathurohman, I., & Hidayati, N. A. (2024). Nilai Moral dan Konflik Sosial dalam Naskah Drama “Kocak-Kacik” Karya Arifin C Noer: Kajian Sosiologi Sastra. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 317-331.

Suryani, R., & Yarkovska, V. (2024). Nature and People Connection in the Three Selected Indonesian Short Stories. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 7(2), 195-216. https://doi.org/10.24176/kredo.v7i2.11787

Yusuf, M. M., Roysa, M., & Fathurohman, I. (2021, October). Analisis Nilai Moral Antologi Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) (Vol. 43, No. 1, pp. 42-47).

Wibowo, E. W., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2024). The Development Of Picture Books Based On Local Culture to Improve Students' Reading Skills. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities, 3(1), 74-78.

Wildan, M., & Haeriah, S. (2024). The Use of Various Slang Languages in Adolescents in Serdang Kulon Village, Panongan District, Tangerang Regency. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 7(2), 229-248




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v1i2.12550

Article Metrics

Abstract views : 60| PDF views : 18

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: