Analisis Perencanaan Karir Bagi Siswa Berdasarkan Bimbingan Karir Teori Holland

Fera Fitrianingsih
Filla Febri Kurniawan
Firdaus Yulian Fahmi
Richie Annisa Cikal
Syariful Anam
Richma Hidayati

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tentang perencanaan karir bagi siswa dengan menggunakan layanan Bimbingan karir menurut teori holland. Masalah yang sering dijuampai pada kalangan pelajar, siswa sering merasa kebingungan dalam melanjutkan Pendidikan kuliah atau Bekerja, setelah lulus dari bangku sekolah menengah atas (SMA). Dengan hal ini, telah adanya Upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan karir teori Holland. Dan juga, artikel ini bertujuan untuk memberi solusi kepada siswa dalam hal penentuan karir yang diminati tanpa ada paksaan pihak lain yang dapat menghambat minat dan juga bakatnya. Sementara itu, Bimbingan Karir teori Holland dapat diahami melalui tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, dan tindak lanjut yang dapat berjalan dengan baik semestinya. Maka, hal ini ditentukan adanya rencana program pelayanan, materi dan instrument holland yang telah mengetahui tipe kepribadian dan arah pilihan karirnya.

Keywords


Bimbingan Karir; Teori Holland; Perencanaan Karir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adlya, Soeci Izzati, & Nilma Zola. (2022). “Holland’s Theory to Guiding Individual Career Choices.” Jurnal Neo Konseling 4 (4): 30. https://doi.org/10.24036/00698kons2022.

Asri, Robbi, A Muri Yusuf, & Afdal Afdal. (2021). “Peningkatan Kematangan Karir Siswa Dengan Teori Holland” 6: 121–32.

Ayriza, Yulia, Agus Triyanto, Farida Agus Setiawati, & Nanang Erma Gunawan. (2020). “Exploring Children’s Career Interests and Knowledge Based on Holland’s Theory.” International Journal of Instruction 13 (4): 643–62. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13440a.

Fadliyana, A., Ardianti, S. D., & Santoso, D. A. (2023). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika The Influence Of Interest In Learning On The Learning Outcomes Of Grade Iv Students In The Eyes Maths Lessons. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(2), 120–126.

Farhan, Farhan, and Megaiswari Biran. (2022). “Perspektif Teori Holland Dalam Pemilihan Karir Siswa SMA Di Era Teknologi Informasi” 8 (1): 9–13.

Hulukati, Wenny, Mardia Bin Smith, Meiske Puluhulawa, and Dian Hilyatul Jannah. (2022). “Development of Holland Based Career Module as a Career Guidance and Counseling Design for High School Students.” Bisma The Journal of Counseling 6 (1): 47–55. https://doi.org/10.23887/bisma.v6i1.42919.

Lukman, Suci Mutia, Afdal Afdal, and A Muri Yusuf. (2020). “Career Guidance and Counseling in Holland’s Theory Perspective.” International Journal of Technology, Innovation and Humanities 1 (2): 75–80.

Nulhusni, Nadyya, A Muri Yusuf, and Afdal Afdal. (2021). “Analisis Teori Holland Dalam Bimbingan Dan Konseling Karir” 6: 112–20.

Putri, Indah Etika, and Muri Yusuf. (2021). “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Perspektif Teori Holland Dalam Pemilihan Karir Siswa” 3 (4): 1669–75.

Ramadhani, Erfan, Ana Tul Jannah, and Ramtia Darma Putri. 2020. “Analysis of Holland Theory Career Guidance in Student Career Planning.” ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam) 3 (1): 19–25. https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i1.1492.

Riyanti, N., Setiawan, D., & Rondli, W. S. (2023). Pola Asuh Single Parent Berpendidikan Rendah Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 507–514. https://doi.org/doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4703

Rofiah, N. C., Fajrie, N., & Rondli, W. S. (2023). Prosesi tradisi larungan dalam pendidikan karakter anak. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 483–492. https://doi.org/doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1128

Rohmah, T. N., Ermawati, D., & Santoso, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas II SD Melalui Metode Jarimatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1101–1111. https://doi.org/doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3126

Salsabila, F., Rondli, W. S., & others. (2022). The Development of Character Education Module on The Beautiful of Diversity Theme in My Country Based on Local Wisdom of Kudus Regency. ANP Journal of Social Science and Humanities, 3, 62–69. https://doi.org/doi.org/10.53797/anp.jssh.v3sp2.8.2022

Santoso, D. A. (2023). Analysis of Critical Thinking and Self-regulation in Blended Method, Module-aided, Problem-Based Learning. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145–152. https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.65540

Wahyudi, Ilham, A Muri Yusuf, and Universitas Negeri Padang. (2021). “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Terhadap Holland Theory Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Karir Pada Siswa” 3 (5): 1880–90.




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v1i2.13176

Article Metrics

Abstract views : 41| PDF views : 19

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: