Edukasi Penggunaan Gawai pada Balita Melalui Pendampingan Orang Tua di Desa Dadirejo Pati

Nuril Ariyanti, Nova Meliyana Maeza, Alfiyani Nur Hidayanti

Sari


Gawai merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang digunakan merata di semua kalangan usia. Bahkan ada balita yang sudah diberi gadget oleh orang tua mereka dengan alasan agar balita tidak mengganggu pekerjaan rumah. Namun, sebenarnya hal tersebut akan memiliki dampak buruk bagi balita, mulai dari mata rusak, antisosial, jarang berbicara, perkembangan otak kurang dan sebagainya. Oleh karena itu, diadakan edukasi dan pendampingan kepada para orang tua dengan media berupa flyer sebagai penyalur informasi, dengan tujuan untuk lebih memperhatikan anak-anak mereka dengan harapan agar kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan balita tetap terjaga dengan baik dan tidak terkena dampak buruk dari gadget. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi dan diskusi bersama para orang tua di PAUD Al-Hidayah Desa Dadirejo mengenai bagaimana cara yang baik untuk mengatasi penggunaan gawai pada balita mereka. Hasil yang didapat selama sosialisasi yaitu bahwa pengetahuan orang tua mengenai penggunaan gadget pada anak masih kurang bijak. Setelah sosialisasi diharapkan para orang tua mampu memantau penggunaan gadget pada anak dan memberikan permainan atau kegiatan yang lebih menyenangkan ke anak sehingga anak tidak hanya tertarik pada gadget saja.

Kata Kunci


Gawai; Balita; Orang Tua

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia, R., Salbiah, S., & Pangestu, R. A. (2023). Penyuluhan Dampak Penggunaan Gawai Pada Anak Di Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6579

Dini, A. U. (2020). EDUKASI PENDAMPINGAN ORANGTUA MENGENAI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI Ellya Rakhmawati 1 , Tri Suyati 2 ,. 179–189.

Fajariyah, S. N., & Suryawan, A. (2018). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Anak. 20(2), 101–105.

Fajrie, N., Kartika, D. D., Utaminingsih, S., & Santoso, D. A. (2024). Natural Material-Based Art Learning Model Increases Aesthetic Experiences in Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12(1). https://doi.org/doi.org/10.23887/paud.v12i1.74612

Fernandez, R., & Lestari, H. (2020). Hubungan Penggunaan Gawai dengan Keterlambatan Bahasa pada Anak. Sari Pediatri, 21(4), 231. https://doi.org/10.14238/sp21.4.2019.231-5

Kecamatan, M., & Pada, C. (2022). EFEK PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA 1 – 5 TAHUN DI POSYANDU. 28(2), 80–88.

Lestari, P. W., & Millenia, S. J. (2020). Peningkatan Pemahaman Anak Melalui Edukasi Dampak Penggunaan Gawai Berlebih. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 264–272.

Listiyoningsih, D. W., Ismaya, E. A., & Rondli, W. S. (2024). Development of Instructional Media Jelas for Elementary School Students in Understanding Asean. Uniglobal Journal of Social Sciences and Humanities, 3(1), 90–95. https://doi.org/doi.org/10.53797/ujssh.v3i1.13.2024

No, J. S., Tawang, K., Tasikmalaya, K., & Barat, J. (2020). SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi PARENT ACCOMPANIMENT TO THEIR CHILDREN WHO USED GADGET. 15(1), 33–40.

Prabowo, W. A., Arifa, A. B., Setiya, Y., & Nur, R. (2023). Penyuluhan Dampak Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. 3(2), 1–7. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i2.1059

Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7148

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Gadget Usage, Mother-Child Interaction, and Social-Emotional Development among Preschool Children. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75

Rondli, W. S., Darmuki, A., & others. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN POPUP BOOK PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VI SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7092–7100. https://doi.org/doi.org/10.23969/jp.v9i2.15005

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161

Santoso, D. A., & Amaliyah, F. (2022). Keterampilan Proses Mahasiswa PGSD dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Course Review Horay secara Daring. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus, 1(1), 204–209.




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v1i2.13273

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: