Membedayakan Siswa Tunarungu Melalui Bimbingan Karir. (Studi Kasus Pengembangan Ketrampilan Ecoprint di SLB Kota Tegal)

Diah Puspitasari, Siti Nur Aisah, Chika Nadiyah, Fani Feranita, Adiba Nisa Salsabila

Sari


Dalam konteks pendidikan anak tunarungu, Bimbingan Konseling (BK) memegang peranan penting sebagai salah satu layanan pendukung yang membantu anak mengatasi hambatan komunikasi serta mengembangkan potensi diri secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan karir dengan media ecoprint dalam meningkatkan kreativitas anak tunarungu kelas 10B di SLB Negeri Kota Tegal. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media ecoprint bisa untuk meningkatkan keterampilan anak-tunarungu di SLB Negeri Kota Tegal. Kegiatan ini tidak hanya melatih keterampilan motorik dan konsentrasi siswa, tetapi juga membangkitkan kreativitas serta membuka peluang untuk pengembangan diri dan kemandirian. Melalui aktivitas ini, siswa tunarungu dapat mengekspresikan diri secara visual, membangun rasa percaya diri, serta memperoleh bekal keterampilan hidup yang aplikatif. Siswa tunarungu mampu menunjukkan perkembangan kreativitas dalam bentuk ide-ide desain yang lebih beragam dan keberanian memadukan warna

Kata Kunci


Siswa Tunarungu, Ecoprint, Bimbingan Karir

Referensi


Bimbingan, Model, Pengembangan Karir, Siswa Tunarungu, and Dudi Gunawan. n.d. Riset + Model Bimbingan 4 Dudi Gunawan.

Hidayat, R. ,. Ulfatmi, U. ,. &. Afnibar, A. 2023. “Konseling Anak Berkebutuhan Khusus.” Sulawesi Tenggara Educational Journal.

Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, Universitas. 2024. “PROGRAM BIMBINGAN KARIR UNTUK MENGEKSPLORASI MINAT KARIR PESERTA DIDIK TUNARUNGU.” Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 10.

Lestari, D. R. ,. &. Prasetyo, A. T. 2021. “Penerapan Kegiatan Ecoprint Sebagai Terapi Kognitif Dan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Tunarungu.” Jurnal Inklusi Pendidikan.

Pengembangan, Optimasi, Karir Untuk, Siswa Tunarungu, Di Slb/B, Pangudi Luhur, Jakarta Barat Pardi, Malemta Tarigan, Awaluddin Tjalla, Kata Kunci, Pendidikan Khusus, Anak Tunarungu, and Pengembangan Karir. 2024. “KEYWORD ABSTRACT Special Education for Deaf Children, Career Development.” Multidiciplinary Scientifict Journal 2(4).

Sugiyanto, A. n.d. “Pengembangan Life Skills Melalui Kegiatan Ekoprin Pada Anak Berkebutuhan Khusus.” 2020.

Wulan Sari, Arumita, Peningkatan Kemandirian Siswa, Tanziyhan Li Ismillah, Siti Nur Mufidah, Sri Wiji Indriana, Ayun Multiana, and Siti Mahmudah. n.d. PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA TUNARUNGU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BATIK ECOPRINT.




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v2i2.15372

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: