PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Ika Ari Pratiwi - [ http://orcid.org/0000-0002-0204-0474 ]
Sekar Dwi Ardianti
Moh. Kanzunnudin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa menggunakan model project based learning berbantuan edutainment. Metode penelitian yang digunakan control group post-test  design, yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil uji-t analisis kemampuan kerjasama menunjukkan bahwa nilai t-hitung 3,279 lebih besar dari t-tabel 2,011 dan  analisis hasil belajar siswa dengan uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung 2,854 lebih besar dari t- tabel 2, 011. Maka terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kerjasama dan nilai post test siswa kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol. Dengan demikian model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kudus.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Article Metrics

Abstract views : 8603| PDF views : 15339

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

 

Visitors:

Free counters!