Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, E., Putri, F. G., & Frida. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intelectually, Repetition (Air). Jurnal Matematika, 1(1).
Apriyani, P., Margiati, K., & Anasi, P. T. (2019). Pengaruh Penerapan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 8(1), 1–9.
Ariyanto, M. P., Purwaningrum, J. P., & Sumaji. (2024). Implementasi Model Problem-Based Learning Berbantuan Media SWOTE-MATH terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1).
Aulya, R., & Purwaningrum, J. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga Dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis. Mathematic Education Journal, 4(3), 77. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/3103
Fachrunnisa, I. N. D., Purwaningrum, J. P., & Sumaji. (2024). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Minat Belajar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 392–399.
Febrianti, D. N., & Purwaningrum, J. P. (2021). Jerome Bruner’s Theory of Learning to Improve Basic School Students’ Understanding of Numbers by Learning in Stage. Mathematics Education Journals, 5(1), 46–57.
Hasanah, R., Anam, F., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Vii B Smpn 13 Surabaya. JMER : Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 1–7.
Lukito, S., Hanifah, H., & Maizora, S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii 6 Di Smp Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 293–300. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.293-300
Luthfiana, M., & Purwasi, L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 126–134. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.413
Luthfiana, M., Yuliansyah, Y., & Fauziah, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA MA Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 33–41. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.184
Maharani, N. N., Hikmawati, H., Susilawati, S., & Gunada, I. W. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 539–545. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1983
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Moslimah. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaram Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edukatif, 9(2), 106–115. https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2509
Nabillah, H., Refianti, R., & Luthfiana, M. (2023). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia(Pmri) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Lubuklinggau. JOURNAL of MATHEMATICS SCIENCE and EDUCATION, 5(2), 133–145. https://doi.org/10.31540/jmse.v5i2.2560
Nani, D., Rezeki, S., & Herlina, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Eproceedings.Umpwr.Ac.Id, 7(3), 57–65.
Pratama, G. H., Sugandi, A. I., & Yuliani, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Menggunakan Lks Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Margaasih. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 301–310. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.11619
Pujiati, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmetika Sosial. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360
Rizal, A. F., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa. Koordinat Jurnal MIPA, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i2.26
Siregar, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMA Negeri 1 Sinunukan. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(2), 94–102. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i2.9
Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49–59. https://doi.org/10.36418/glosains.v2i2.21
Yasminah, & Sahono, B. (2020). Application of the Problem-Based Learning Model To Increase Student Participation and Learning Achievement. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 167–174.
Yunda Assyuro Hanun, & Akhmad Asyari. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Global Education Trends, 1(2), 59–64. https://doi.org/10.61798/get.v1i2.43DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v7i2.13454
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: