Persepsi Guru terhadap Penerapan Deep Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji persepsi guru terhadap penggunaan pembelajaran mendalam dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Pembelajaran mendalam menekankan pada pemahaman konseptual siswa, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas dalam memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur terhadap guru-guru kelas yang aktif mengajar. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yakni purposive sampling, dengan kriteria guru yang telah memiliki pengalaman menerapkan pendekatan pembelajaran inovatif dalam mata pelajaran matematika. Data dianalisis memakai teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola-pola penting dalam persepsi dan pengalaman guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak guru memiliki pandangan positif terhadap penerapan pembelajaran mendalam, karena dinilai mampu meningkatkan kualitas pemahaman matematika siswa. Namun, terdapat sejumlah tantangan dalam implementasinya, seperti kesulitan pengelolaan kelas, penyesuaian strategi dengan kurikulum, dan keterbatasan pelatihan serta sumber daya. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pelatihan guru yang lebih komprehensif dan aplikatif, serta peningkatan kolaborasi antar guru untuk mendukung pertukaran praktik baik. Kesimpulannya, pembelajaran mendalam memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar, tetapi keberhasilannya sangat bergantung pada dukungan sistemik yang memadai
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariyanto, M. P., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penerapan Teori Bruner dalam Pembelajaran Menentukan Gradien Garis Lurus Berbantuan PhET Simulation. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 75–84. http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/10764
Astri Setyawati. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Alqurun Teaching Model (Atm) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Universitas Lampung, 1(1), 1–10.
Azizah, N. A. N., & Purwaningrum, J. P. (2022). Pendekatan Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually (SAVI) dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Program Linier. PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics, 4(2), 25–33. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/pedamath/article/view/1925/939
Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran (T. Oaks (ed.)). SAGE Publications.
Darling Hammond, Flook, Cook Harvey, B. & O. (2017). Educating the whole child: Improving school climate to support student success. Learning Policy Institute.
Husna, L. N., Ulya, H., & Purwaningrum, J. P. (2024). Kepraktisan E-Modul Lingkaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(4), 1720–1730.
Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan Siswa pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPPM, 11(2), 55–66. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3754
Li, Z. (2024). Applications of deep learning in mathematics education: A review. Applied and Computational Engineering, 71(1), 113–118. https://doi.org/10.54254/2755-2721/71/20241644
Putra, R. W. Y. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Guardian Dan Idealis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Rizal, A. F., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa. Koordinat Jurnal MIPA, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i2.26
Siregar, A. R., Alfi, A., Sirait, K., Siahaan, A., Rahmah, D. P., Nabilah, K. ’, & Khadijah, M. (2025). Pedagogical Transformation Through Deep Learning in Mathematics Education: A Systematic Review of the Global Literature. International Seminar on Student Research in Education, 2, 193–198.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Uswatun Chasanah, A. R., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1149
Zhang, Z., Cao, L., Chen, X., Tang, W., Xu, Z., & Meng, Y. (2020). Representation learning of knowledge graphs with entity attributes. IEEE Access, 8. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2963990
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v8i1.15198
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: