Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung pada Materi Pecahan

Pujiati Pujiati
Mohammad Kanzunnudin
Savitri Wanabuliandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kemampuan pemahaman konsep melalui wawancara, (2) menganalisis kemampuan pemahaman konsep melalui observasi, (3) menganalisis kemampuan pemahaman konsep melalui pretest. Lokasi dalam penelitian ini ialah SD 3 Gemulung Pecangaan Jepara Jawa Tengah Indonesia yang dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2018. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan pretest diketahui bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah.


Keywords


Creative Problem Solving, Creative Thinking Ability, Cube Nets and Cuboids.

References


Afrilianto, M. 2012. Peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa SMP dengan pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity, 1(2): 192-202.

Akmil, A.R., Armiati dan Yusmet .2012. Implementasi CTL dalam meningkatkan Pemahamn Konsep Matematika Siswa. Jurnal pendidikan, 1(1): 24-29.

Annajmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP melalui penemuan terbimbing berbantu software geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1):1-9.

Handayani, H. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1): 142-149.

Mawaddah, S dan Maryanti, R. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal pendidikan Matematika. 4(1): 76-85.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22. 2006. Peraturan Menteri Pendiidkan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Presiden Republik Indonesia.

Rusyda ,N.A., dan Dwi, S.S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Contextual teaching and Learnin terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa SMP Pada Materi Garis dan sudut. JNPM, 1(1): 150-162.

Susanto. Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta; Kencana.

Utari.V, fauzan, A., dan Rosha, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok bahasan prisma dan limas. Jurnal Pendidikan Matematika,Part 3. 1 (1): 33-38.

Wanabuliandari. S., Sekar, D.A., dan Susilo R. 2016. Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. EduMa, 5(2): 34-41.

Zuliana, E. 2017. Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam meningkatkan Pemahaman Konsep matematika Pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Jurnal Pendidikan, 8 (1): 35-47.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278

Article Metrics

Abstract views : 1368| PDF (Bahasa Indonesia) views : 3645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: