Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent

Wahyuni H Mailili

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi teorema phytagoras dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan gaya kognitif Field Independent (Fl) di Mts.Alkhairaat Kalukubula. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII Mts Alkhairaat Kalukubula yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan data yaitu random sampling dipilih 40 siswa gaya kognitif Field Dependent (FD) dan 40 siswa Field Independent (Fl). ). Data yang diperoleh di analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan karakteristik variabel penelitian dengan menggunakan skor tertinggi, skor terendah, rata-rata, standar deviasi, variansi dan tabel frekuensi persentase. Hasil belajar dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) berada pada kategori sangat rendah diperoleh nilai rata-rata 49,40 dari skor ideal 100. Standar deviasi 16,17 dan Variansi 261,528. Sedangkan hasil dengan gaya kognitif Field Independent (Fl), berada pada kategori sedang diperoleh dengan nilai rata-rata 75,10 dari skor ideal 100. Standar deviasi 9,18 dan variansi 84,30. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya kognitif Field Independent lebih tinggi dibandingkan dengan gaya kognitif Field Dependent dalam menyelesaiakan soal materi teorema phytagoras dengan kata lain gaya kognitif berkonstribusi pada hasil belajar matematika siswa.


Keywords


Mathematic learning outcomes, cognitive style , field independent, field dependent

References


Al-Salameh, E.M. 2011. A Study of Al-Balqa’ Applied University Students Pusat Kurikulum, Balitbangdiknas, Jakarta.

Baiduri. 2015. Gaya Kognitif Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Field Dependence-Independence. Jurnal Aksioma, 6(1):64-72.

Fathani, Abdul Halim. 2016. Journal Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 4(2) :1-12

Fathani, Abdul Halim . 2012. Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Latief, Nila S. 2013. Pengaruh Metode Mengajar dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Kabupaten Maros.(Tesis). Makassar: PPs. Universitas Negeri Makassar.

Lutvianis, Vina (2014). Perbedaan Hasil Belajar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas VIII Di UPTD SMP Negeri2 Sumbergempol Tulungangung. (Skripsi). http://digilib.iain-tulungagung.ac.id. Diakses 2 Agustus 2016.

Mailili, Wahyuni H. (2016). Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa.Integral Jurnal Matematika dan Pembelajarannya 2(1) : 1-22.

Nuraeni. 2011. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah SPLDV Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa MTs Muallimin Makassar. (Tesis). Makassar: PPs UNM

Putra, Aji Permana. 2014. Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended pada Materi Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Pacitan. Numeracy, 1(2) :1-10.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabetha

Tiro, M. A. 2010. Penelitian: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Makassar: Andira Publisher.

Tiro, M. A. & Arbianingsih. 2011. Teknik Pengambilan Sampel. Makassar: Andira Publisher.

Tiro, M. A. & Sukarna. 2012. Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian. Makassar: Andira Publisher

Trihendradi, C. 2012. Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: C. V. Andi Offset.

Yasa, Adi,made,I, Sadra,I,Wayan,Suweken Gede. 2013. Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik dan Gaya Kognitif Terhadap Prestasi Hasil Belajar Matematika Siswa, e-jurnal PPs. Universitas Ganesha Program Studi matematika ,2.pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/JPM/.../664. Diakses tanggal 2 Agustus 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2371

Article Metrics

Abstract views : 1060| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: