Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbantuan Media Batik

Eni Luksiana
Jayanti Putri Purwaningrum - [ http://orcid.org/0000-0001-8595-7191 ]

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan seberapa besar penerapan model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media batik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada mata pelajaran matematika, serta seberapa besar keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa dapat meningkat melalui model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media batik. Teknik pengumpulam data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes dan non tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan yang meliputi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa siklus I (46,67%) meningkat menjadi (86,67%) siklus II, kemudian terjadi peningkatan pada keterampilan mengajar guru siklus I (78,84%) meningkat menjadi (89,06%) siklus II, dan aktivitas siswa juga terjadi peningkatan pada siklus I (69,47%) menjadi (79,28%) siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan media batik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, keterampilan mengajar guru, dan aktivitas siswa.

Keywords


CORE model, Batik Media, Problem Solving Abilities

References


Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Astiningsih, Murda, dan Suarjana. 2014. Pengaruh Model CORE Berbantuan Media Manipulatif terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Muria Kudus Pendidikan Ganesha, 2 (1).

Purwaningrum, J. P. 2016. Circuit Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK) FPMIPATI Universitas PGRI Semarang. Dapat diakses di http://eprints.umk.ac.id/7317/

Sari, Novita, dan Edy Surya. 2017. Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica, 7 (1).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2936

Article Metrics

Abstract views : 626| PDF (Bahasa Indonesia) views : 617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: