Perspektif Matematika Budaya dan Pemanfaatan Software Matematika dalam Perhitungan Jawa

Eka Sulistyawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan aktifitas menghitung dan mendeskripsikan perhitungan yang dilakukan oleh masyarakat jawa berbantuan software microsoft excel dan microsoft mathematics. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Permasalahan yang diteliti adalah berkaitan dengan sistem perhitungan yang digunakan oleh masyarakat jawa yang diperoleh melalui kegiatan eksplorasi dan observasi yang kemudian menjadi bahan pengembangan peneliti untuk melakukan studi literatur untuk menentukan keterkaitan sistem perhitungan jawa dengan sistem bilangan basis serta pemanfaatan software untuk mempercepat proses perhitungannya. Beberapa tradisi yang berkaitan dengan aktifitas berhitung adalah perayaan 5 hari dan 35 hari kelahiran bayi, peringatan 7 hari, 40 hari, 100 hari, dan 1000 hari meninggalnya seseorang. Perhitungan penentuan waktu peringatan kelahiran dan kematian itu menggunakan rumus sederhana yaitu “nortu sartu”, “nomosarmo”, “norosarmo”, “nonemsarmo”, dll yang melibatkan pasaran yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi dan Pahing, melibatkan 7 hari, serta melibatkan nama Wuku. Dipandang dari perspektif matematika, perhitungan jawa menerapkan proses konversi bilangan dari basis yang satu ke basis lainnya. Dengan menggunakan bantuan sofware matematika seperti microsoft excel dan microsoft mathematics konversi basis bilangan dapat dilakukan sehingga dapat dengan mudah menentukan hari, pasaran, dan wuku atas perayaan peringatan kematian dan kelahiran. Microsoft excel menyediakan proses konversi bilangan dengan cepat untuk basis bilangan khusus yakni biner, oktal, dan heksadesimal. Sedangkan software microsoft mathematics menyediakan proses konversi yang berulang untuk semua bilangan basis 2 hingga basis 36.

Keywords


Budaya, microsoft excel, microsoft mathematics, wuku

References


Aditya, D. Y. 2017, Desember. Eksplorasi Unsur Matematika dalam Kebudayaan Masyarakat Jawa. Formatif:Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 253-261.

Arwanto. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. 7(1), 40-49.

Dardiri dan Nuh, Z. 2017. Etnomatematika dalam Sistem Pembilangan pada Masyarakat Melayu Riau.Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 19(2). 220238.

Gulo, F. 2016. Aplikasi Pembelajaran Konversi Bilangan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI). Jurnal Riset Komputer, 3(6), 34-37.

Handayani, F. S. 2016. Konsep dan Desain Multimedia Pembelajaran Kalkulator Konversi Bilangan dan Warna. Proceeding Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering:146-151. Yogyakarta,23-24 Agustus 2016:STMIK Amikom Purwokerto.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Lubis, S. I., Mujib A. dan Siregar, H. 2018. Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2). 1-10

Oktaviyanthi, R., & Supriani, Y. 2015. Utilizing Microsoft Mathematics in Teaching and Learning Calculus. IndoMS-JME, 6(1), 53-76.

Ormrod, J. E. 2003. Educational Psychology : developing learner (Fourth Edition ed.). Upper Saddle River, New Jersey: MerrillPrentice Hall.

Patma Sopamena & Rugaya Yapono. 2016. Etnomatematika Masyarakat Maluku Tengah dan Kota Ambon: Pemikiran Matematika dalam Multikultural.Junal Matematika dan Pembelajarannya. 2(2). 1-20

Prabowo, A. 2016. Hasil-hasil Terbaru dalam Penyelidikan Matematika Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya 2016, (pp. 371-383). Purwokerto.

Rawahi, F. K., Khan, S. A., & Huq, A. 2006. Microsoft in the Mathematics Classroom. Second Annual Conference for Middle East Teachers of Science Mathematics and Computing, (pp. 131-134). Abu Dhabi. Samovar, L. A.,

Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. A. 2010. Komunikasi

Sindi, Destrianti. 2019. Etnomatematika dalam Seni Tari Kajei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika. 2(2), 116-132.

Widyatmoko, D. 2010. Aplikasi Kalkulator Penghitung dan Konversi Basis Bilangan Biner, Oktal, Desimal dan Heksadesimal Berbasis J2ME. Tugas Akhir, Program Diploma III Ilmu Kompoter. Universitas Sebelas Maret.

Woolfolk, A. 2009) Educational Psychology Active Learning Edition. (H. P. Soetjipto, & S. M. Soetjipto, Eds.) Boston: Pearson Education.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3789

Article Metrics

Abstract views : 596| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: