Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Metakognitif untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SMK Muhammadiyah Kupang

Ryan Nizar Zulfikar
Muhammad Tamrin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: menganalisis pengembangan modul matematika dengan pendekatan metakognitif untuk memfasilitasi kemandirian belajar siswa SMK Muhammadiyah Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Lokasi yang menjadi objek penelitian adalah SMK Muhammadiyah Kupang. Subyek yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas X-A SMK Muhammadiyah Kupang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara analisis validasi dari data kuantitatif yang berasal dari lembar penilaian (validasi) dari ahli media berupa skor rata-rata kemudian diubah menjadi skala kualitatif. Hasil validasi penilaian media dan materi pada “modul matematika dengan pendekatan metakognitif” dikatakan sangat valid dengan rata-rata 3,4. Dengan demikian bahan ajar ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Hasil pengembangan modul dengan pendekatan metakognitif dapat juga dilihat dari repon siswa yaitu angket respon siswa menyebutkan bahwa didapat rata-rata 3,58 dan dapat dikategorikan mendapat respon sangat baik dari siswa. Berdasarkan kriteria keberhasilan modul dilihat dari rata-rata banyaknya siswa yang responnya sangat baik maka, media modul matematika dengan pendekatan metakognitif dapat dikatakan berhasil.

Keywords


Matematika, Metakognititf, Modul, Pengembangan

References


Anisa.W.N, 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1 (1)

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Danuri. 2014. Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Menfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6 (1).

In’am, A. 2012. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Metakognitif. Malang: Selaras Perum Pesona Griya Asri

Nugrahaningsih, T.K 2012. Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. KNM Xvi , Unpad, Jatinangor.

Rahmania. 2014. Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Penjakes Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Di Smp Negeri Dan Swasta Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 8 (2)

Shimada, S. 2006. Senior Secondary Education Project 2006. The Open Ended Approach. A.

Zulfikar, RN. 2019. Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika SMK Kesehatan Nusantara Kupang. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika) 1, (2) Hal 91-98




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3887

Article Metrics

Abstract views : 761| PDF (Bahasa Indonesia) views : 909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: