Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Kartu Angka

Tri Winarni

Abstract


Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang bilangan melalui penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu angka. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas I SD 4 Karangmalang, Gebog, Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 13 terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dan 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu angka. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Aktivitas belajar matematika tentang bilangan meningkat setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu angka. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 9,81, dari kondisi awal 69,81 menjadi 79,62 pada kondisi akhir; (2) Hasil belajar matematika tentang bilangan meningkat setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match  berbantuan media kartu angka. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 17,68 dari kondisi awal 65,38 menjadi 83,08 pada kondisi akhir

Keywords


Make a Match, Card Number.

References


Ginnis, P. 2008. Trik dan Taktik Mengajar (Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas). Jakarta. PT. Indeks

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Proses hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H. dan Mohamad, N. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uzer dan Usman, Moh. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha II




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3944

Article Metrics

Abstract views : 435| PDF (Bahasa Indonesia) views : 717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: