Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Tema Pengalamanku dengan Model Pembelajaran Course Review Horay

Suprihartini Suprihartini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk aktivitas dan hasil belajar matematika tema pengalamanku dengan model pembelajaran course review horay bagi siswa kelas I SD 3 Tenggeles semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas I SD 3 Tenggeles semester I Tahun Pelajaran 2017/2018dengan jumlah siswa 15 terdiri dari 7 siswa putra dan 8 siswa putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dan 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran course review horay. Hasil penelitian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tema pengalamanku bagi siswa kelas I SD 3 Tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Sebagai indikasinya: (1) Aktivitas belajar matematika tema pengalamanku terus meningkat pada tiap siklus. Kondisi awal aktivitas belajar 69, siklus I meningkat menjadi 74 dan siklus II mencapai 78. Dari kondisi awal ke kondisi akhir terjadi peningkatan sebesar 9; (2) Hasil belajar matematika tema pengalamanku terus meningkat pada tiap siklus. Kondisi awal hasil belajar 69, siklus I meningkat menjadi 72 dan siklus II mencapai 88. Dari kondisi awal ke kondisi akhir terjadi peningkatan sebesar 20.

Keywords


Course Review Horay, Experience, Activity.

References


Hamalik, Oemar. 2011. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karso, dkk. 2014. Pendidikan Matematika 1. Universitas Terbuka. Tangerang.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi guru. Jakarta: Pt Rajawali Pers.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusita, Evi. 2017. Penerapan Metode Course Review Horay (CRH) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 03 Nangsri Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. http://repository.radenintan.ac.id/2651/1 /Skripsi_Full.pdf

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Radjagrafindo Perkasa.

Saputri, Mawar Kuning Nugraheni. 2016. Penerapan model cooperative learning tipe course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. http://digilib.unila.ac.id/22711/3/SKRIP SI%20TANPA%20BAB%20PEMBAH ASAN.pdf

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Suwangsih, Erna; Tiurlina. 2010. Model

Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: ArRuzz Media




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3946

Article Metrics

Abstract views : 451| PDF (Bahasa Indonesia) views : 405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: