Pengaruh Kompetensi Sosial dan Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran terhadap Kompetensi Pedagogik dan Profesional
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abi, A. M., Mampouw, H. L., & Ratu, N. 2020. Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru pada Bahasan tentang Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1): 43-50.
Akkus, R., & Karakaya, M. 2020. The Effects of the Professional Development Program Supported by On-the-job Visits on the Pedagogies of Mathematics Teachers. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15 (3): 1-17.
Badjeber, R & Purwaningrum, J. P. 2018. Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1): 36-43
Baharuddin. 2016. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Burgos, M., & Godino, J.D. 2020. Semiotic Conflicts in the Learning of Proportionality: Analysis of a Teaching Experience in
Primary Education. International Electronic Journal of Mathematics
Education, 15 (3): 1-18
Daryanto. & Aris D. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar) Yogyakarta: Gava Media. Depdiknas. 2005. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Fathorrahman. 2017. Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Dosen. Akademika, 15(1): 1-6.
Febriana, R. 2019. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah. 2018. Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang
Kependidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Massenrempulu, 2(1): 8-17.
Prastowo, A. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Group.
Purwaningrum, J. P. & Ahyani, L. N. 2020. Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika pada Materi Luas Daerah Belah Ketupat dengan Pendekatan Luas Daerah Segitiga. Selarapang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan,
(1): 244-250.
Rusna, A. S., & Jusriana, A. 2016. Hubungan Kompetensi Kepribadian dengan Kompetensi Pedagogik Guru Fisika Madrasah Aliyah Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2): 75-82.
Suharto. 2017. Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran IPS Berbasis Karakter (Studi Pada Guru
SMK Negeri 3 Geger Madiun). Jurnal Studi Sosial, 2(2): 116-129.
Syah, M. 2017. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Utami, B. 2015. Pelaksanaan Magang Profesi Kependidikan Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UNS. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2015, 336-343.
Warsini, A. 2019. Penerapan Model TAI untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan
dan Deret Kelas IXC SMP Negeri 4 Sumbang Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal of Mathematics
Education, 5(2): 9-14.
Yovi A. L., & Margaretha P. 2018. Hubungan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial, dan Kepribadian pada Guru Sekolah
Nnformal X. Jurnal Kependidikan, 2(1): 197-208.
Zulfah., dan Layla N. 2016. 99,9% Lulus Uji Kompetensi Guru (UKG). Yogyakarta: Bright Publisher
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.4925
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: