Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Prisma dan Limas

Ahmad Masykuri
Dori Lukman Hakim
Ramlah Ramlah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi Prisma dan Limas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwaringin yang dipilih masing-masing 1 siswa dari setiap kategori kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah secara purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data di olah melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan memahami masalah sudah mampu dipahami oleh siswa kategori tinggi, sedang dan rendah sedangkan kemampuan menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian siswa kategori rendah masih lemah.

Keywords


Mathematical Communication Skills, Prism and Limas

References


Armiati. 2009. Komunikasi Matematis Dan Kecerdasan Emosional. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY,170-180.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.

Hasanah, A. 2010. Kemampuan Komunikasi Tulis Dan Lisan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Terbuka (Open Ended). Thesis, Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 85-87.

Isnaeni, I., & Maya, R. 2014. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Generatif. Jurnal Pengajaran MIPA, 19 (2), 159-165.

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. 2016. Mengembangkan Kemampuan komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika STKIPGarut, 5(2), 101-112.

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. 2018. Analisis Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Smp Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol 1(6), 1113-1119.

Permata, C. P., Kartono, K., & Sunarmi. 2015. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Pada Model Pembelajaran Tsts Dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education, 4 (2), 128-133.

Prasetya, D. N. 2014. Analisis Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar. Thesis Universitas Muhammadiyah Purworejo, 46-86.

Ramlah, & Marlina, R. 2017. Implementasi Teknik Visual Thinking Berbasis Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan Dalam Pencapaian Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal SIGMA, 2(2)s, 50-58.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulthani, N. Z. 2015. Universitas Negeri Malang. Diploma Thesis.

Sumarmo, S., & Hendriana, H. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Widoyoko, E. P. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran Di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6170

Article Metrics

Abstract views : 235| PDF (Bahasa Indonesia) views : 430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: