Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19 dan Gender
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdi, M. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 1687–1692.
Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60.
Astuti, A., & Leonard. (2015a). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102–110.
Astuti, A., & Leonard. (2015b). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.1016/0749-6036(91)90087-8
Babys, U. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4771
Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120–133. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140.
Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Hoang, T. N. (2008). The effects of grade level, gender, and ethnicity on attitude and learning environment in mathematics in high school. International Electronic Journal of Mathematics Education, 3(1), 47–59.
Husain, S. A. A. (2014). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Laki-laki dan Siswa Perempuan. Skripsi. Gorontalo: Skripsi Universitas Negeri Gorontalo.
Mendikbud. SURAT EDARAN NOMOR 4 TAHUN 2O2O TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9) (2020).
Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7.
Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 101–112.
Nurdiana, H., Pujiastuti, E., & Sugiman. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Menggunakan Model Discovery Learning Terintegrasi Pemberian Motivasi. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 120–129). Semarang.
Purnama, I. L., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 10(1), 27–43.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Matematika IX (pp. 191–202). Semarang: Prisma.
Robiah, S., Rohaeti, E. E., & Senjayawati, E. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa berdasarkan Minat Belajar Matematis Siswa SMK Negeri 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 365–371.
Saifiyah, S., & Ferdianto, F. (2017). Desain Modul Pembelajaran Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177–192.
Siswanto, R. D. (2015). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Spasial, Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Bandung: Thesis Universitas Pendidikan Indonesia.
Siswanto, R. D., & Kusumah, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Geometri Spasial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan GeoGebra. Jppm, Vol.10, No(1), hlm. 42-51.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran Kemendikbud. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19) (2020).
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika terhadap Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26.
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6330
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: