ANALISIS KESALAHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI BARISAN DAN DERET MENURUT TEORI NEWMAN

Rizqi Ayu Fadilla Bouty
Oki Ribut Yuda Pradana
Budi Sasomo

Abstract


Tujuan dari permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa saat mengerjakan soal barisan dan deret. Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan prestasi dan keberhasilan akademik siswa. Penelitian inin menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan tes  dan wawancara. Setiap subjek penelitian ditanya tentang keberhasilan pekerjaannya pada soal barisan dan deret. Disimpulkan bahwa siswa berusaha menggunakan metode Newman ketika mengerjakan soal matematika. Namun karena belum terbiasa, seringkali langkah-langkah tersebut tidak dilakukan dengan baik, terutama saat menulis jawaban. Mengenai kesalhan-keasalan yang dialami siswa dalam menjawab soal, tidak ditemui siswa dengan kesalhan membaca informasi. Siswa sudah mampu membaca soal dengan benar dan dapat memahami masalah yang ada didalam soal. Jenis kesalahan yang pertama dilakukan siswa terletak pada kesalahan transformasi informasi. Penyebabnya adalah siswa tidak mampu berkonsentrasi, tidak mengetahui pertanyaan yang diajukan, tidak mengingat materi yang diajarkan, tidak inngat dengan rumus yang digunakan dan tidak berkonsentrasi pada pemecahan masalah. Jenis kesalahan berikutnya adalah kesalahan keterampilan proses. Alasannya terletak pada ketelitian dari proses perhitungan pada saat menyelesaikan soal.


Keywords


Analisis Kesalahan, Teori Newman, Barisan dan Deret.

Full Text:

PDF

References


Kharisma EN. Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. J Rev Pembelajaran Mat. 2018;3(1):62-75. Kurniasari I. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Materi Dimensi Tiga Kelas XI IPA SMA. In: Prosiding Seminar Nasional MatematikaDan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Vol 329. ; 2013. Pradana ORY, Mashuri A, Sasomo B, Rahmawati AD. Pembinaan Olimpiade Matematika di MIT Bhakti Ibu. IJCE (Indonesian J Community Engag. 2022;3(1):25-30. Rahmawati AD. Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Matematika Dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Di Kelas X SMAN 1 Jogorogo Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014. Published online 2014. Rahmayanti I, Maryati I. Kesalahan Siswa SMP pada Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Teori Newman. Plusminus J Pendidik Mat. 2021;1(1):61-70. Septiahani A, Melisari M, Zanthy LS. Analisis kesalahan siswa smk dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. Mosharafa J Pendidik Mat. 2020;9(2):311-322. Sitanggang SM, Fatimah S, Saud S. Analisis Kesalahan dalam Menggunakan Possesivepronomen Bahasa Jerman. Eralingua J Pendidik Bhs Asing dan Sastra. 2018;2(1):28-34. Sugiarto E. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi Dan Tesis: Suaka Media. Diandra Kreatif; 2017.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v5i2.7904

Article Metrics

Abstract views : 213| PDF views : 135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: