KONTRIBUSI NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU CERITA SI BUNGSU KARYA CHRISNA PUTRI
Abstract
Buku cerita anak-anak memainkan peran penting dalam membentuk nilai-nilai dan pendidikan pada anak-anak. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi nilai personal dan nilai pendidikan yang terdapat dalam buku cerita "Si Bungsu" karya Chrisna Putri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka melalui pembacaan literatur untuk memahami kontribusi nilai-nilai personal dan pendidikan dalam buku cerita. Setelah melalui proses studi pustaka, peneliti mencatat hal – hal penting sehingga ditemukan hasil analisis buku cerita "Si Bungsu" menyajikan beberapa nilai personal dan nilai pendidikan. Nilai personal yang terkandung dalam buku cerita tersebut antara lain perkembangan emosional, intelektual, imajinasi, rasa sosial, serta pertumbuhan rasa etis dan religius. Sedangkan nilai – nilai pendidikan yang terkandung dalam buku cerita tersebut antara lain nilai religius, tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan nilai peduli sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif dengan mendeskripsikan data hasil penelitian. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya buku cerita dalam membentuk nilai-nilai personal dan pendidikan pada anak-anak. Buku cerita "Si Bungsu" karya Chrisna Putri memberikan kontribusi yang signifikan dalam hal ini, dengan menyampaikan pesan-pesan yang bernilai dan membantu anak-anak untuk memahami pentingnya sikap positif dan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163-180. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6778
Alvandi, H., Kochak Entezar, R., Ghodsi, P., Abolmaali, K., & Shahriyar Ahmadi, M. (2024). Effect of Storytelling on the Social-emotional Skills of the Primary School Male Students. The Scientific Journal of Rehabilitation Medicine, 12(6), 1126-1135. https://doi.org/10.32598/SJRM.12.6.8
Arnolia, T. R, Kanzunnudin, M, Kironoratri, Lintang. (2021). Struktur dan Nilai Karakter Film Animasi Anak “Diva the Series” Karya Kastari Animation. Indonesian Values and Character Education Journal, 4(1). 20-27. https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.31999
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). 53-63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Emmanuel, I. F. (2022). Children’s Literature and Its Relevance for Character Formation and Developments. Journal of Foreign Language Teaching and Learning, 7(2), 285-299. https://doi.org/10.18196/ftl.v7i2.14676
Fauziah, P. A, Khairunnisa. (2022). Unsur Imajinasi dalam Sastra Anak Dongen Anatomi Karya Eramayawati. Prosiding SAMASTA: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 387-392.
Hidayah, C., Ningrum, C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Kegiatan Literasi. 2(2), 69–78. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436
Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). Pembentukan Karakter Gemar Membaca pada Anak Usia Dini Melalui Media Buku Cerita Bergambar. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(6), 576-585. https://doi.org/10.59689/incare.v2i6.353
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Nuha, Siti Ulin, Ismaya, E.A, & Fardani, M.A. (2021). Nilai Peduli Sosial pada Film Animasi Nussa dan Rara. JRPD: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1). 17-23. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4722
Nurgiyantoro, Burhan. (2021). Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rahmat, L. I. (2019). Kajian Antropologi Sastra dalam Cerita Rakyat Kabupaten Banyuwangi pada Masyarakat Using. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 83-93. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3918
Rohman, Saifur., Hafizah., Rahmat, A. (2021). Pembelajaran Sastra Anak dalam Membentuk Karakter di Sekolah Dasar. METALINGUA:Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Nurgiyantoro, 7(2). 137–144. https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/view/12561/7225
Şahin, A. (2019). Personal and social values in primary grade children’s books. Participatory Educational Research, 6(1), 1-9.
https://doi.org/10.17275/per.19.1.6.1
Siburian, P. (2012). Paningkat Siburian adalah dosen Jurusan Pendidikan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Digilib Universitas Negeri Medan, 2–19.
Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli. (2021). Kontribusi Sastra Anak bagi Perkembangan Nilai Personal Anak dalam Buku Cerita Anak Indonesia. Jurnal Master Bahasa, 9(2), 546–552. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/MB
Soraya, A. I, Nurani, & Anjanette, A. R. (2022). Nilai-Nilai Sosial dalam Cerita Rakyat “Pangeran Barasa”. Jurnal Ilmu Budaya, 10(1). 48-56. https://doi.org/10.31849/jib.v10i1.9213
Susilawati, E. (2017). Nilai-Nilai Religius dalam Novel Sandiwara Bumi Karya Taufiqurrahman Al-Azizy. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 35–53. https://doi.org/10.33654/sti.v2i1.377
Syarifudin, Muhamad., N. (2019). Strategi Pengajaran Sastra. PENTAS:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2). 1-8. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1540
Tutul, G. K. B. (2022). Kajian Sastra Anak: Analisis Nilai Personal Cerita Rakyat Timun Emas. Jurnal Arkhais, 13(1). 29-36. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/arkhais/article/view/24607/14479
Walker, C. M., & Lombrozo, T. (2017). Explaining The Moral of the Story. Cognition, 167, 266-281. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2016.11.007
Widayai, Sri dan Imron Wakhid Haaris. 2020. Penulisan Naskah Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Media Publishing
Yao, Z., & Enright, R. (2018). The Influence Of Moral Stories on Kindergarteners’ Sharing Behaviour. Early Child Development and Care, 190(6), 891–901. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1499098
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i2.10472
Refbacks
- There are currently no refbacks.