NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM CERITA SYAIKH JANGKUNG LANDOH KARYA AMIRUL ULUM
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afif, Mochamad Miftakhul, & Ni’mah, Ruhaniyatun. (2024). Legenda Jaka Tarub: Eksistensi Sendang Bidadari di Kecamatan Tawangharjo. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(6), 175–185. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i6.1162
Aryani, Menik, & Najwa, Lu’luin. (2022). Peran Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Business Management, 1(2). https://doi.org/10.58258/bisnis.v1i2.5417
Fahrurrozi, & Wicaksono, Andri. (2017). Sekilas Tentang Bahasa Indonesia (Supriyono, ed.). Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.
Fardani, Much Arsyad, Pratiwi, Ika Ari, Prasetyo, Zuhdan Kun, Samsuri, Samsuri, & Khotimah, Tutik. (2021). Game Panjol Berbasis Android untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 241–249. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5548
Fathurohman, Irfai, Wijayanto, Wasis, Sutono, Sugoro Bhakti, Hariyadi, Ahmad, Fajrie, Nur, & others. (2024). Terapi Seni Berbantuan Karawitan untuk Meningkatkan Aktualisasi Estetis bagi Disabilitas Sensorik Netra di PPSDSN PENDOWO Kabupaten KUDUS. PAKDEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 175–182. https://doi.org/https://doi.org/10.58222/pakdemas.v4i1.284
Ilmi, Alfi Muzaro’atul, & Wijayanto, Wasis. (2024). Analisis Penerapan Ekstrakulikuler Seni Karawitan dalam Membentuk Sikap Cinta Tanah Air pada SD Negeri 5 Karangrowo Undaan Kudus. FONDATIA, 8(2), 395–408. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4782
Immanuel, Aria Saloka, Pesau, Heni Gerda, Wulanyani, Ni Made Swasti, Sulastri, Augustina, & Van Luijtelaar, Gilles. (2024). The Role of Spoken Language on Performance of Cognitive Tests: The Indonesian Experience. In Journal of Cognition and Culture (Vol. 24). https://doi.org/10.1163/15685373-12340187
Istanti, Ervina, Fauziah, Debibik Nabilatul, & Syafrida, Rina. (2021). Efektifitas Penggunaan Media CB HOOP Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. PeTeKa, 4(3), 475–485. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.475-485
Kushartanti, Bernadette, Van De Velde, Hans, & Everaert, Martin. (2015). Children’s use of Bahasa Indonesia in Jakarta Kindergartens. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 16(1), 167–188. https://doi.org/10.17510/wjhi.v16i1.371
Maharani, Indah, Efendi, Nofriza, & Oktira, Yona Syaida. (2022). Studi Literatur Seni Musik Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13090–13098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10699
Mas Fierna Janvierna Lusie Putri S.Pd., M.Pd, Kornelia Efriana Mumung, Denti Sulistiawatic. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membangun Karakter Kebangsaan di Era Globalisasi. 4(2), 73–79. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v4i2.2717
Mauladah, Monika, Ismaya, Erik Aditia, & Fardani, Much. Arsyad. (2022). Nilai Karakter pada Tradisi Rebo Wekasan di Masyarakat Desa Jepang. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 118–130. https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7148
Melati, Reni Sofia, Ardianti, Sekar Dwi, & Fardani, Much Arsyad. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3.062-3.071.
Moleong, Lexy J., & Surjaman, Tjun. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.
Muqtafia, Afi Choirina, Fardani, Much Arsyad, & Ermawati, Diana. (2023). Analisis Sikap Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 769–774. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.695
Nilamsari, Aprilia, Fardani, Much Arsyad, & Kironoratri, Lintang. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 490–498. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695
Nuha, Siti Ulin, Ismaya, Erik Aditia, & Fardani, Much Arsyad. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4722
Nurbaiti, Amalia. (2022). Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini dalam Film Animasi Diva the Series. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9318
Pahleviannur, Muhammad Rizal, De Grave, Anita, Saputra, Dani Nur, Mardianto, Dedi, Hafrida, Lis, Bano, Vidriana Oktoviana, Susanto, Eko Edy, Mahardhani, Ardhana Januar, Alam, Mochamad Doddy Syahirul, Lisya, Mutia, & others. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.
Peby Andriani, Ryan, Much. Arsyad Fardani, & Diana Ermawati. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Karakter Peduli Sosial Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649
Permata Sari, Dinda. (2023). Literasi Budaya Pada Mitos Cerita Legenda “Bulusan” Sebagai Nilai Moral - Lokalitas Kudus . Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 230–237. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.323
Pramana, Moch Edwin Adityah, & Trihantoyo, Syunu. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Jenjang Sekolah Dasar. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 764–774. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/40032
Prasetiyo, Edy, Khamdun, Khamdun, & Kuryanto, M. Syafruddin. (2021). Wisata Religi di Tengah Pandemi : Studi Perilaku Peziarah Makam Syekh Jangkung Pati. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(1), 23–39. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i1.37951
Srimawirya, Sisvissia, Musaddat, Syaiful, Jaelani, Abdul Kadir, & Gunayasa, Ida Bagus Kade. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Materi Cerita Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(1), 1–10. Retrieved from https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/22
Widyatma, Yollanda Vannesicha, Wijayanto, Wasis, & Ramadhan, Amanda Diva Hadi. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas Iii Sd 4 Gondangmanis Dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Media Kolase. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 312–332.
Wijayanto, Wasis, Fajrie, Nur, & Zahro, Nabila Fatimatuz. (2023). Melintasi Era Globalisasi: Eksplorasi Strategi Pelestarian Seni Kethoprak Wahyu Manggolo di Kabupaten Pati. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(2), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/geter.v6n2.p71-79
Wijayanto, Wasis, Ramadhani, Amanda Diva Hadi, & Widyatma, Yollanda Vannesicha. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas III SD 4 Gondangmanis dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Media Kolase. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(September), 1–23.
Yuniarto, Bambang, & Yudha, Rivo Panji. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i1.11706
Refbacks
- There are currently no refbacks.