NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM CERITA SYAIKH JANGKUNG LANDOH KARYA AMIRUL ULUM

DIAN ANTIKA SARI, Ika Ari Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter peduli sosial yang terkandung dalam cerita Syaikh Jangkung karya Amirul Ulum pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif kemudian disajikan dalam bentuk naratif. Objek penelitian adalah buku cerita Syaikh Jangkung Landoh: Jejak Nasionalis dan Religius karya Amirul Ulum. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pencatatan melalui kartu data serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian  data,  dan  kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima nilai kepedulian sosial dalam cerita Syaikh Jangkung karya Amirul Ulum, diantaranya (1) saling berbagi, (2) saling menghormati, (3) bekerja sama, (4) toleransi, dan (5) aksi sosial. Kelima nilai karakter peduli sosial tersebut dapat dilihat melalui perilaku tokoh yang terdapat dalam cerita. Nilai karakter peduli sosial tersebut menunjukan bahwa cerita tersebut selain dapat digunakan media memperkenalkan kisah sosial budaya lokal kepada generasi muda, juga sekaligus menjadi perantara menumbuhkan karakter peduli sosial pada diri anak.

References


Afif, Mochamad Miftakhul, & Ni’mah, Ruhaniyatun. (2024). Legenda Jaka Tarub: Eksistensi Sendang Bidadari di Kecamatan Tawangharjo. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(6), 175–185. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i6.1162

Aryani, Menik, & Najwa, Lu’luin. (2022). Peran Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Business Management, 1(2). https://doi.org/10.58258/bisnis.v1i2.5417

Fahrurrozi, & Wicaksono, Andri. (2017). Sekilas Tentang Bahasa Indonesia (Supriyono, ed.). Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Fardani, Much Arsyad, Pratiwi, Ika Ari, Prasetyo, Zuhdan Kun, Samsuri, Samsuri, & Khotimah, Tutik. (2021). Game Panjol Berbasis Android untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 241–249. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5548

Fathurohman, Irfai, Wijayanto, Wasis, Sutono, Sugoro Bhakti, Hariyadi, Ahmad, Fajrie, Nur, & others. (2024). Terapi Seni Berbantuan Karawitan untuk Meningkatkan Aktualisasi Estetis bagi Disabilitas Sensorik Netra di PPSDSN PENDOWO Kabupaten KUDUS. PAKDEMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 175–182. https://doi.org/https://doi.org/10.58222/pakdemas.v4i1.284

Ilmi, Alfi Muzaro’atul, & Wijayanto, Wasis. (2024). Analisis Penerapan Ekstrakulikuler Seni Karawitan dalam Membentuk Sikap Cinta Tanah Air pada SD Negeri 5 Karangrowo Undaan Kudus. FONDATIA, 8(2), 395–408. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4782

Immanuel, Aria Saloka, Pesau, Heni Gerda, Wulanyani, Ni Made Swasti, Sulastri, Augustina, & Van Luijtelaar, Gilles. (2024). The Role of Spoken Language on Performance of Cognitive Tests: The Indonesian Experience. In Journal of Cognition and Culture (Vol. 24). https://doi.org/10.1163/15685373-12340187

Istanti, Ervina, Fauziah, Debibik Nabilatul, & Syafrida, Rina. (2021). Efektifitas Penggunaan Media CB HOOP Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. PeTeKa, 4(3), 475–485. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i3.475-485

Kushartanti, Bernadette, Van De Velde, Hans, & Everaert, Martin. (2015). Children’s use of Bahasa Indonesia in Jakarta Kindergartens. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 16(1), 167–188. https://doi.org/10.17510/wjhi.v16i1.371

Maharani, Indah, Efendi, Nofriza, & Oktira, Yona Syaida. (2022). Studi Literatur Seni Musik Dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13090–13098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10699

Mas Fierna Janvierna Lusie Putri S.Pd., M.Pd, Kornelia Efriana Mumung, Denti Sulistiawatic. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membangun Karakter Kebangsaan di Era Globalisasi. 4(2), 73–79. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v4i2.2717

Mauladah, Monika, Ismaya, Erik Aditia, & Fardani, Much. Arsyad. (2022). Nilai Karakter pada Tradisi Rebo Wekasan di Masyarakat Desa Jepang. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1), 118–130. https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7148

Melati, Reni Sofia, Ardianti, Sekar Dwi, & Fardani, Much Arsyad. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3.062-3.071.

Moleong, Lexy J., & Surjaman, Tjun. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.

Muqtafia, Afi Choirina, Fardani, Much Arsyad, & Ermawati, Diana. (2023). Analisis Sikap Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 769–774. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.695

Nilamsari, Aprilia, Fardani, Much Arsyad, & Kironoratri, Lintang. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 490–498. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695

Nuha, Siti Ulin, Ismaya, Erik Aditia, & Fardani, Much Arsyad. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4722

Nurbaiti, Amalia. (2022). Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini dalam Film Animasi Diva the Series. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9318

Pahleviannur, Muhammad Rizal, De Grave, Anita, Saputra, Dani Nur, Mardianto, Dedi, Hafrida, Lis, Bano, Vidriana Oktoviana, Susanto, Eko Edy, Mahardhani, Ardhana Januar, Alam, Mochamad Doddy Syahirul, Lisya, Mutia, & others. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.

Peby Andriani, Ryan, Much. Arsyad Fardani, & Diana Ermawati. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Karakter Peduli Sosial Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649

Permata Sari, Dinda. (2023). Literasi Budaya Pada Mitos Cerita Legenda “Bulusan” Sebagai Nilai Moral - Lokalitas Kudus . Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 230–237. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.323

Pramana, Moch Edwin Adityah, & Trihantoyo, Syunu. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Jenjang Sekolah Dasar. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 764–774. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/40032

Prasetiyo, Edy, Khamdun, Khamdun, & Kuryanto, M. Syafruddin. (2021). Wisata Religi di Tengah Pandemi : Studi Perilaku Peziarah Makam Syekh Jangkung Pati. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(1), 23–39. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i1.37951

Srimawirya, Sisvissia, Musaddat, Syaiful, Jaelani, Abdul Kadir, & Gunayasa, Ida Bagus Kade. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Materi Cerita Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 9(1), 1–10. Retrieved from https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/22

Widyatma, Yollanda Vannesicha, Wijayanto, Wasis, & Ramadhan, Amanda Diva Hadi. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas Iii Sd 4 Gondangmanis Dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Media Kolase. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 312–332.

Wijayanto, Wasis, Fajrie, Nur, & Zahro, Nabila Fatimatuz. (2023). Melintasi Era Globalisasi: Eksplorasi Strategi Pelestarian Seni Kethoprak Wahyu Manggolo di Kabupaten Pati. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(2), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/geter.v6n2.p71-79

Wijayanto, Wasis, Ramadhani, Amanda Diva Hadi, & Widyatma, Yollanda Vannesicha. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas III SD 4 Gondangmanis dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Media Kolase. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(September), 1–23.

Yuniarto, Bambang, & Yudha, Rivo Panji. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i1.11706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter