PERILAKU KERJA KERAS SISWA BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN DI SD 1 MIJEN

ana rahmatul hidayah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk perilaku kerja keras siswa untuk meraih  prestasi SD 1 mijen. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yakni metode studi kasus. Pemilihan metode studi kasus sebagai metode penelitian ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam fakta-fakta yang terkait dengan kasus tersebut, menganalisis relevansi teori yang terkait, serta mengeksplorasi pelajaran yang dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan Indonesia. Lokasi penelitian yaitu SD 1 Mijen. Peneliti mengambil subjek penelitian siswa berprestasi dan wali kelas yang sekaligus berperan sebagai guru pendamping. Teknik pemilihan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yitu pemetaan pola. Hasil Penelitian menunjukkan perilaku kerja keras siswa berprestasi di SDN 1 Mijen dipengaruhi oleh sikap optimis, kebiasaan menyelesaikan tugas dengan efisien, dan minat tinggi terhadap pembelajaran. Sikap positif dan lingkungan sekolah yang mendukung berperan penting dalam membentuk perilaku kerja keras siswa.

References


Adam Restu, & Abdul Syukur. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa MTs Ikhwanul Muslimin NW pada Materi Ekosistem. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1605

Agung Wibowo, Aman Simaremare, & Anita Yus. (2022). Analisis Permasalahan Belajar Pendidikan Dasar. Journal of Social Interactions and Humanities. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.454

Akshay, R. S., Sunny, A., Saranya, V. S., John, A., Subheesh, N. P., & Anzar, S. M. (2024). Engineering Students’ Attitudes and Perceptions Towards Project-Based Learning: A Study from Kerala, Southern India. 2024 IEEE International Conference on Teaching, Assessment and Learning for Engineering (TALE), 1–5. https://doi.org/10.1109/TALE62452.2024.10834355

Ayuningtyas, R. S. (2016). Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa Berdasarkan The Programme for International Student Assesment (PISA) pada Konten Biologi. Published Undergraduate Thesis of Universitas Lampung.

Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604

Budiarti, A. T. (2023). Karakter Kerja Keras Tokoh Bu Muslimah dalam Film Laskar Pelangi Karya Riri Riza. Jurnal Prasasti Ilmu, 3(1), 9–20. https://doi.org/10.24176/jpi.v3i1.8610

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia. https://doi.org/10.53696/27219283.59

Fitrilia, R. D., Purnamasari, R., & Rustandi, Y. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 75–80. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4499

Handayani, S. W., Masfuah, S., Masfuah, S., Fardani, M. A., & Fardani, M. A. (2021). Kecerdasan Emosional Anak Sekolah Dasar saat Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.32250

Immanuel, A. S., Pesau, H. G., Wulanyani, N. M. S., Sulastri, A., & Van Luijtelaar, G. (2024). The Role of Spoken Language on Performance of Cognitive Tests: The Indonesian Experience. In Journal of Cognition and Culture (Vol. 24, Issues 3–4). https://doi.org/10.1163/15685373-12340187

Islami, A. N., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2022). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di Desa Tunjungharjo Kecamatan Tegowanu Grobogan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3031

Izza, N. S., Cahyani, A. I., Tiyas, R. A., Fitriyani, D. E., Zulfia, S. K., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Buku Cerita Bencana di Pulau Seberang Karya Wiwin Alwiningsih Bagi Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 982–994.

Kurniawati, N. J., Sa’diyah, I. K., & Wijayanto, W. (2024). Analysis of Learning Methods of The Great Children’s Learning Institution (AHE) Pladen Unit in Pladen Village. Jurnal Prajaiswara, 5(2). https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v5i2.152

Kusumawati, S. B., Jannah, A. D., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati untuk Siswa Sekolah Dasar. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 6(024), 104–114.

Lutviana, L., Pratiwi, I. A., & Purbasari, I. (2021). Penggunaan Gawai pada Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Anak di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1236

Minggi, N., Pratiwi, I. A., & Bakhruddin, A. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4).. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1513

Muqtafia, A. C., Fardani, M. A., & Ermawati, D. (2023). Analisis Sikap Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 769–774. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.695

Muthmainah. (2022). Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura. In Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura.

Ni’mah, U., Purbasari, I., & Setiawaty, R. (2023). Bentuk Implementasi kolaborasi sekolah dan orang tua dalam menanamkan karakter profil pelajar pancasila. Journal of Basic Education, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.47453/edubase.v4i2.1102

Nuha, S. U., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021). Nilai Peduli Sosial pada Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4722

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Alam, M. D. S., Lisya, M., & others. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.

Peby Andriani, R., Much. Arsyad Fardani, & Diana Ermawati. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Pada Karakter Peduli Sosial Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649

Putri, E., Amalia, A. R., & Wijayanto, W. (2024). Planning and Implementation of Educational Institutions at SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo. Jurnal Prajaiswara, 5(2). https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v5i2.149

Putri, R. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Problematika Guru dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3054

Rahmah, R. A., Fakhriyah, F., & Fardani, M. A. (2020). The Influence Of Stad Model Assisted With Alpin Media Towards The Understanding Of Students’ Concepts Theme 6 Grade IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27728

Ramadhani, N., Furqon, M. N., Mutmainah, S., Sekarwangi, P. A., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Buku Cerita Gagak yang Murah Hati Karya Venkatramana Gowda. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 974–981.

Ratna Ro’ifah, R. R., Ika Ari Pratiwi, I. A., & Erik Aditia Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Kedungsari. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8125

Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.155

Rifdah, R., Pratiwi, I. A., & Fardani, M. A. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantu Media Audiovisual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas IV SDN Mayonglor 04 Jepara. Islamika, 5(2), 690–703. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i2.3142

Santi, R. J., Setiawan, D., & Pratiwi, I. A. (2021). Perubahan Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar Akibat Game Online. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38576

Santia, E., & Indrawadi, J. (2021). Peran guru PPKn dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Siswa. Journal of Education, Cultural and Politics. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.24

Saputro, K. R. jati, Ulya, H., & Fardani, M. A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang tua dalam Daring terhadap prestasi belajar Muatan Matematika SD 2 Karangrowo. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6260

Setiya Rini, E. F., Fitriani, R., Matondang, M. M., Yolviansyah, F., Putri, N. D., Agatha, F. L., & Lolita, N. (2021). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 256–261. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.256-261

Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.

Syafii, M. S., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954

Wahdini, W. (2019). Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Teknik Diskusi dalam Bimbingan Klasikal pada siswa Kelas IX. B SMP Negeri 2 Pujut Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v3i2.712

Wijayanto, W., Aisy, F. R., & Fitriyani, D. E. (2024). Planning and Implementation of Educational Institutions at PKBM Sejati Kudus. Al Hikmah: Journal of Education, 5(2), 243–256. http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v5i2.326

Wijayanto, W., Ramadhani, A. D. H., & Widyatma, Y. V. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas III SD 4 Gondangmanis dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Media Kolase. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1–23.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i1.12186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter