PERILAKU KERJA KERAS SISWA BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN DI SD 1 MIJEN
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adam Restu, & Abdul Syukur. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa MTs Ikhwanul Muslimin NW pada Materi Ekosistem. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1605
Agung Wibowo, Aman Simaremare, & Anita Yus. (2022). Analisis Permasalahan Belajar Pendidikan Dasar. Journal of Social Interactions and Humanities. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.454
Akshay, R. S., Sunny, A., Saranya, V. S., John, A., Subheesh, N. P., & Anzar, S. M. (2024). Engineering Students’ Attitudes and Perceptions Towards Project-Based Learning: A Study from Kerala, Southern India. 2024 IEEE International Conference on Teaching, Assessment and Learning for Engineering (TALE), 1–5. https://doi.org/10.1109/TALE62452.2024.10834355
Ayuningtyas, R. S. (2016). Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa Berdasarkan The Programme for International Student Assesment (PISA) pada Konten Biologi. Published Undergraduate Thesis of Universitas Lampung.
Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604
Budiarti, A. T. (2023). Karakter Kerja Keras Tokoh Bu Muslimah dalam Film Laskar Pelangi Karya Riri Riza. Jurnal Prasasti Ilmu, 3(1), 9–20. https://doi.org/10.24176/jpi.v3i1.8610
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia. https://doi.org/10.53696/27219283.59
Fitrilia, R. D., Purnamasari, R., & Rustandi, Y. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 75–80. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4499
Handayani, S. W., Masfuah, S., Masfuah, S., Fardani, M. A., & Fardani, M. A. (2021). Kecerdasan Emosional Anak Sekolah Dasar saat Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.32250
Immanuel, A. S., Pesau, H. G., Wulanyani, N. M. S., Sulastri, A., & Van Luijtelaar, G. (2024). The Role of Spoken Language on Performance of Cognitive Tests: The Indonesian Experience. In Journal of Cognition and Culture (Vol. 24, Issues 3–4). https://doi.org/10.1163/15685373-12340187
Islami, A. N., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2022). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di Desa Tunjungharjo Kecamatan Tegowanu Grobogan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3031
Izza, N. S., Cahyani, A. I., Tiyas, R. A., Fitriyani, D. E., Zulfia, S. K., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Buku Cerita Bencana di Pulau Seberang Karya Wiwin Alwiningsih Bagi Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 982–994.
Kurniawati, N. J., Sa’diyah, I. K., & Wijayanto, W. (2024). Analysis of Learning Methods of The Great Children’s Learning Institution (AHE) Pladen Unit in Pladen Village. Jurnal Prajaiswara, 5(2). https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v5i2.152
Kusumawati, S. B., Jannah, A. D., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati untuk Siswa Sekolah Dasar. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 6(024), 104–114.
Lutviana, L., Pratiwi, I. A., & Purbasari, I. (2021). Penggunaan Gawai pada Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Anak di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1236
Minggi, N., Pratiwi, I. A., & Bakhruddin, A. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4).. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1513
Muqtafia, A. C., Fardani, M. A., & Ermawati, D. (2023). Analisis Sikap Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SD 1 Bakalan Krapyak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 769–774. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.695
Muthmainah. (2022). Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura. In Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura.
Ni’mah, U., Purbasari, I., & Setiawaty, R. (2023). Bentuk Implementasi kolaborasi sekolah dan orang tua dalam menanamkan karakter profil pelajar pancasila. Journal of Basic Education, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.47453/edubase.v4i2.1102
Nuha, S. U., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021). Nilai Peduli Sosial pada Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4722
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Alam, M. D. S., Lisya, M., & others. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.
Peby Andriani, R., Much. Arsyad Fardani, & Diana Ermawati. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Pada Karakter Peduli Sosial Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649
Putri, E., Amalia, A. R., & Wijayanto, W. (2024). Planning and Implementation of Educational Institutions at SDUT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo. Jurnal Prajaiswara, 5(2). https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v5i2.149
Putri, R. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Problematika Guru dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3054
Rahmah, R. A., Fakhriyah, F., & Fardani, M. A. (2020). The Influence Of Stad Model Assisted With Alpin Media Towards The Understanding Of Students’ Concepts Theme 6 Grade IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27728
Ramadhani, N., Furqon, M. N., Mutmainah, S., Sekarwangi, P. A., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Buku Cerita Gagak yang Murah Hati Karya Venkatramana Gowda. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus Ke-43, 2(1), 974–981.
Ratna Ro’ifah, R. R., Ika Ari Pratiwi, I. A., & Erik Aditia Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Kedungsari. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8125
Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.155
Rifdah, R., Pratiwi, I. A., & Fardani, M. A. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantu Media Audiovisual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas IV SDN Mayonglor 04 Jepara. Islamika, 5(2), 690–703. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i2.3142
Santi, R. J., Setiawan, D., & Pratiwi, I. A. (2021). Perubahan Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar Akibat Game Online. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38576
Santia, E., & Indrawadi, J. (2021). Peran guru PPKn dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Siswa. Journal of Education, Cultural and Politics. https://doi.org/10.24036/jecco.v1i2.24
Saputro, K. R. jati, Ulya, H., & Fardani, M. A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang tua dalam Daring terhadap prestasi belajar Muatan Matematika SD 2 Karangrowo. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6260
Setiya Rini, E. F., Fitriani, R., Matondang, M. M., Yolviansyah, F., Putri, N. D., Agatha, F. L., & Lolita, N. (2021). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA Negeri 1 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 256–261. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.256-261
Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.
Syafii, M. S., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954
Wahdini, W. (2019). Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Teknik Diskusi dalam Bimbingan Klasikal pada siswa Kelas IX. B SMP Negeri 2 Pujut Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v3i2.712
Wijayanto, W., Aisy, F. R., & Fitriyani, D. E. (2024). Planning and Implementation of Educational Institutions at PKBM Sejati Kudus. Al Hikmah: Journal of Education, 5(2), 243–256. http://dx.doi.org/10.54168/ahje.v5i2.326
Wijayanto, W., Ramadhani, A. D. H., & Widyatma, Y. V. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas III SD 4 Gondangmanis dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Media Kolase. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1–23.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i1.12186
Refbacks
- There are currently no refbacks.