PENGARUH KECERDASAAN EMOSIONAL ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 1 SOCO KUDUS

Siti Endang Mawarsih, Erik Aditia Ismaya, Jayanti Putri Purwaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Soco Kudus. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif ex-postfacto. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Soco Kudus. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1 Soco Kudus yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik pengumpulan data dalan penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 lebih kecil dari 0,05 yang artinya hasil uji t yang dilakukan peneliti signifikan. Dari taraf signifikan 0,05 dengan asumsi, jika thitung > ttabel maka hipotesis awal diterima, sedangkan jika thitung < ttabel maka hipotesis awal ditolak. Dari hasil uji t dengan menggunakan bantuan SPSS Statistics 26 menyatakan bahwa variabel X (kecerdasan emosional) dan variabel Y (hasil belajar) signifikan dan hipotesis awal diterima. Hal ini dibuktikan dengan thitung (3,033) > ttabel (2,048) dengan signifikan 0,05 yang artinya hipotesis awal diterima dan signifikan.

References


Ardiyanti H, Ismaya E. A dan Setiawan D. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Penerapan Model STAD (Student Team Achievemnt Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29-33. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5191

Azis. 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kapontori. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.7567

Chamizo-Nieto, et all. 2021. The Role of Emotional Intelligence, the Teacher-Student Relationship, and Flourishing on Academic Performance in Adolescents: A Moderated Mediation Study. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.695067

De-Oliviera, A.S.S., & de-Luna, S.V. 2019. Correlation Between Logical Reasoning and Mathematical Reasoning in School Children. Bolema - Mathematics Education Bulletin, 33. https://doi.org/10.1590/1980-4415v33n65a04

Dos, Christoper, et all. 2022. Engaging Girls In Math: the Unequal Effects of Text Messaging to Help Parents Support Early Math Development. Economics of Education Review, 88. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2022.102262

Hakim, Ulfayani, Nurhikmah H dan Umar Tirtaraharja. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SDN di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7 (1), 12-33. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9007

Harefa, Septilia, Yakin Niat Telaumbanua dan Agnes Renostini Harefa. 2023. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 43-48.

Luwis, Henky, Isomudin dan Muljadi. 2023. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Sekolah Maitreyawira Se-Sumatra. Jurnal Dhammavicaya, 6 (2), 1-12. https://doi.org/10.47861/dv.v6i2.51

Martinez-Adab, Fernando & Leon, Jaime. 2023. Causal Inference in Educational Research: Causal Analysis in cross-Sectional Observational Studies. RELIEVE - Revista Electronica de Investigacion y Evaluacion Educativa, 29(2). https://doi.org/10.30827/relieve.v29i2.26843

Martin-Requejo, Katya, et all. 2023. Involvement of Executive Functions, Emotional Intelligence, and Study Habits in Mathematical Problem-Solving and Calculation in Elementary School. Revista de Psicodidactica, 28(2). https://doi.org/10.1016/j.psicod.2023.06.003

Mirnawati dan Muhammad Basri. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1 (1), 56-64. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240

Musnizar, Safari & Ari, H.R. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMP Inshafuddin Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: JIPA, 4(6). http://66.23.228.141/index.php/jipa/article/view/110

Pardede, Lukman & Pardede, D.L. 2021. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Pkn Siswa SMA Negeri Sipahutar Tapanuli Utara. Jurnal Darma Agung, 29(1). https://doi.org/10.46930/OJSUDA.V29I2.929

Patil, S. R., Patil, A. S., & Patil, A. R. (2025). Effectiveness of Emotional Intelligence among Postgraduate Management and Engineering Students. Journal of Engineering Education Transformations, 37(1): 181–188. https://doi.org/10.16920/jeet/2023/v37i1/23143

Priyatno, Duwi. 2016. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rambe, N.A., Hasanah, Uswatun., & Chairunnisa, Neneng. 2018. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA MAN 3 Medan t.p. 2017/2018. JPP: Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10145

Setyawan, A.A. dan Simbolon, Dumoro. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1). http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Sugiyono. 2015. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i2.12267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter