PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS GAME KOCOK DADU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS V MIS KHANSA KHALIFAH DESA PUJIMULYO KECAMATAN SUNGGAL
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Z. 2016. Model penelitian dan pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendi, H., & Hendriyani, Y. 2018. Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall.
Frerejean, J., Dolmans, D. H. J. M., & van Merriënboer, J. J. G. (2022). Research on Instructional Design in the Health Professions: From Taxonomies of Learning to Whole-Task Models. In T. Swanwick, K. Forrest, & B. C. O'Brien (Eds.), Researching Medical Education (2nd ed., Chapter 26). Wiley Blackwell. https://doi.org/10.1002/9781119839446.ch26
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. 2018. Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kemouss, H., Abdennour, O., Erradi, M., & Khaldi, M. (2023). The ADDIE Pedagogical Engineering Model: From Analysis to Evaluation. In Handbook of Research on Scripting, Media Coverage, and Implementation of e-Learning Training in LMS Platforms (Chapter 3). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-7634-5.ch003
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312–325. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817
Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37-46. https://doi.org/10.30736/jab.v3i01.42
Novita, L., Windiyani, T., & Fazriani, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Subtema Bersyukur atas Keberagaman untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 82-86. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v2i2.1451
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108
Ozmen, B., Tepe, T., & Tuzun, H. (2018). Adapting a residential course to web-based blended learning [Yüz yüze verilen bir dersin web tabanlı karma öğrenmeye uyarlanması]. Egitim Arastirmalari - Eurasian Journal of Educational Research, 75, 123–144. https://doi.org/10.14689/ejer.2018.75.7
Priyanto, D. 2014. Pengembangan Multimedia pembelajaran berbasis Komputer. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(1), 92-110.
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Sugiyono, S. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sukamadinata, nana syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Tafqihan, Z. (2014). Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 9(2), 141-154. https://doi.org/10.21154/cendekia.v9i2.871
Tobias, S., Fletcher, JD, & Angin, AP (2014). Pembelajaran Berbasis Permainan. Buku Pegangan Penelitian Komunikasi dan Teknologi Pendidikan , 485-503. https://doi.org/10.1002/cae.21905
Van Merriënboer, J. J. G., & Dolmans, D. H. J. M. (2015). Research on Instructional Design in the Health Sciences: From Taxonomies of Learning to Whole-Task Models. In J. Cleland & S. J. Durning (Eds.), Researching medical education (Chapter 17). Wiley Blackwell. https://doi.org/10.1002/9781118838983.ch17
Veronika, A. (2014). Penerapan Metode Permainan Dadu Ejaan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana bagi Siswa Kelas 2 Semester II SDN Mojolangu 3 Kota Malang Tahun 2012-2013. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(4), 230-236. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i4.2793
Wang, C. (2018). Applying interactive devices to an elementary nature science course. Computer Applications in Engineering Education.
Widayanti, E. R., & Slameto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 182-195. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p182-195
Wulandari, A. P., ddk. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i3.13681
Refbacks
- There are currently no refbacks.