PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR DALAM MENYUSUN KALIMAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SD IT AR-RA’YU DESA PAYA GELI KECAMATAN SUNGGAL

Zuliyah Anissa Nasution

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis papan pintar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDIT Ar-Ra’yu, Desa Paya Geli, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (Four-D Model) yang terdiri dari empat tahapan utama, yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Selain itu, langkah-langkah penelitian juga mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg and Gall.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan dua pendekatan, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas I SDIT Ar-Ra’yu yang berjumlah 21 orang, dengan lima siswa di antaranya teridentifikasi memiliki kemampuan membaca yang rendah. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran papan pintar mendapatkan respon sangat baik dari siswa, dengan persentase rata-rata sebesar 100%, yang menunjukkan bahwa media tersebut masuk dalam kategori "efektif".

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta: Rineka Cipta. Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Anggraini, Septia. 2019. Pengembangan media Pakapin (papan kantong pintar) pada pembelajaran Tematik kelas 1 SD. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad,Azhar. 2011. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Auliana, Hastuti, I. D., Milandri, B. D., Rahman, N., & Haifaturrahma. (2023). Pengembangan Media Kartu Kata untuk Miningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat pada Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 408–417. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16818

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56

Daryanto.(2014).Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Daryanto.(2016). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar MengajarJakarta: Rineka Cipta.

Diah Astuti, E., Setya Budiasningrum, R., Setiawan, J., Satri Efendi, A., Rosita, R., Yuliana, D. 2024). Teknik Permainan Menyusun Kalimat Menggunakan English Card Siswa SMPI Darul Muminin Bekasi Jurnal Kemitraan Masyarakat, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.62383/jkm.v1i1.102

Dockx, J., Bellens, K., & De Fraine, B. (2020). Do Textbooks Matter for Reading Comprehension? A Study in Flemish Primary Education. Frontiers in Psychology, 10(January), 1–19. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02959

Fais, M. Z., Listyarini, I., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26–30. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097

Hadiana, L. H., Hadad, S. M., Marlina, I., & Subang, S. (2018). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat sederhana. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 231–232. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73

Kamaladini, Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan media papan edukasi pintar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Pedagoria, 1(September), 93–100. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/5693

Katemba, C. V. (2021). Can ESA Method Through Quizizz Games Enhance Vocabulary Knowledge?. Learning. International Journal of Game-Based Learning, 11(3), 19–36.

Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605

Nurhafifah, Ratnawulan, & Fauzi, A. (2021). Practicality of the interactive multimedia development integrated science with inquiry based learning model of simple machine themes on human muscular and skeleton system integrated 21stcentury learning. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012053

Nurhasanah, S., Ariani, T., & Egok, A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rejosari. Journal Science Education, 2(2). https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.333

Parapat, I. K., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Mengoptimalkan Pengenalan Literasi Pada Anak Sejak Usia Dini: Menumbuhkan Keterampilan Membaca dan Menulis. Jurnal Raudhah, 11(1), 38–49. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2818

Pham, C. K., Ho, T. T. N., Nguyen, H. T. T., Bui, K. T. D., Nguyen, A. H. T., & Nguyen, L. T. T. (2022). Exploring Students’ Engagement of Using Mediating Tools in E-Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(19), 4–19. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i19.31655

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukramin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646–10653. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1890

Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 233–241. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63497

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Saputra, O., Satriawan, M., Anggaryani, M., Habibbulloh, M., & Kholiq, A. (2024). Development of Multimedia Oriented to Local Wisdom to Improve Students’ Understanding of Physics Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 2900(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2900/1/012046.

Warih Zunu Pamungkas, & Yuliana Dwi Hapsari. (2024). Menganalisis hubungan dan implikasi nilai-nilai karakteristik dalam kompetensi inti. Reflection : Islamic Education Journal, 1(3), 33–43. https://doi.org/10.61132/reflection.v1i3.29




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i3.13723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter