PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR DALAM MENYUSUN KALIMAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS I SD IT AR-RA’YU DESA PAYA GELI KECAMATAN SUNGGAL
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta: Rineka Cipta. Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Anggraini, Septia. 2019. Pengembangan media Pakapin (papan kantong pintar) pada pembelajaran Tematik kelas 1 SD. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad,Azhar. 2011. Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Auliana, Hastuti, I. D., Milandri, B. D., Rahman, N., & Haifaturrahma. (2023). Pengembangan Media Kartu Kata untuk Miningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat pada Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 408–417. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16818
Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56
Daryanto.(2014).Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Daryanto.(2016). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar MengajarJakarta: Rineka Cipta.
Diah Astuti, E., Setya Budiasningrum, R., Setiawan, J., Satri Efendi, A., Rosita, R., Yuliana, D. 2024). Teknik Permainan Menyusun Kalimat Menggunakan English Card Siswa SMPI Darul Muminin Bekasi Jurnal Kemitraan Masyarakat, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.62383/jkm.v1i1.102
Dockx, J., Bellens, K., & De Fraine, B. (2020). Do Textbooks Matter for Reading Comprehension? A Study in Flemish Primary Education. Frontiers in Psychology, 10(January), 1–19. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02959
Fais, M. Z., Listyarini, I., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26–30. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097
Hadiana, L. H., Hadad, S. M., Marlina, I., & Subang, S. (2018). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat sederhana. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 231–232. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73
Kamaladini, Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan media papan edukasi pintar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Pedagoria, 1(September), 93–100. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/5693
Katemba, C. V. (2021). Can ESA Method Through Quizizz Games Enhance Vocabulary Knowledge?. Learning. International Journal of Game-Based Learning, 11(3), 19–36.
Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393
Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605
Nurhafifah, Ratnawulan, & Fauzi, A. (2021). Practicality of the interactive multimedia development integrated science with inquiry based learning model of simple machine themes on human muscular and skeleton system integrated 21stcentury learning. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012053
Nurhasanah, S., Ariani, T., & Egok, A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rejosari. Journal Science Education, 2(2). https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.333
Parapat, I. K., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Mengoptimalkan Pengenalan Literasi Pada Anak Sejak Usia Dini: Menumbuhkan Keterampilan Membaca dan Menulis. Jurnal Raudhah, 11(1), 38–49. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2818
Pham, C. K., Ho, T. T. N., Nguyen, H. T. T., Bui, K. T. D., Nguyen, A. H. T., & Nguyen, L. T. T. (2022). Exploring Students’ Engagement of Using Mediating Tools in E-Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(19), 4–19. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i19.31655
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M. I., Mukramin, S., & Kurnawati, W. O. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 10646–10653. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1890
Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 233–241. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63497
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Saputra, O., Satriawan, M., Anggaryani, M., Habibbulloh, M., & Kholiq, A. (2024). Development of Multimedia Oriented to Local Wisdom to Improve Students’ Understanding of Physics Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 2900(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2900/1/012046.
Warih Zunu Pamungkas, & Yuliana Dwi Hapsari. (2024). Menganalisis hubungan dan implikasi nilai-nilai karakteristik dalam kompetensi inti. Reflection : Islamic Education Journal, 1(3), 33–43. https://doi.org/10.61132/reflection.v1i3.29
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i3.13723
Refbacks
- There are currently no refbacks.