Kreativitas Seni Melalui Metode Collective Painting

Tri Indah Hariyani
Nur Fajrie
Mila Roysa

Abstract


Penerapan metode collective painting bisa dijadikan variasi dan inovasi metode untuk menumbuhkan kreativitas seni anak dalam mengekspresikan diri. Karakteristik anak di desa Mayongkidul Jepara yang gemar belajar sambil bermain sejalan dengan pelaksanaan dari metode collective painting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses berkarya serta pengaruh penerapan metode collective painting. Jenis penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain Sequential Exploratori. Analisis data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian, transformasi, korelasi, konsolidasi, perbandingan dan kesimpulan data melalui uji validitas dan uji reliabilitas dari data meliputi wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya 3 aspek nilai yakni nilai elaborasi, nilai kolaborasi dan nilai emosional dari pengaruh penerapan metode collective painting  untuk menumbuhkan kreativitas seni pada anak di Desa Mayongkidul Jepara sehingga metode collective painting dapat digunakan sebagai alternatif dalam menyampaikan pembelajaran seni budaya dan keterampilan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andini, M. D. (2019). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik dalam Melukis Melalui Teknik Finger Painting pada Pelajaran Seni Budaya. Jurnal EDUCARE, 17 (2), hal. 109-118.

Creswell, J. (2018). Mendesain dan Melaksanakan Mixed Methods Research Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fajrie, N. (2016). Pengenalan Kegiatan Seni Rupa untuk Anak Tunanetra dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Sensitivitas. Jurnal Imajinasi, 10 (2), hal. 153-158.

Garha, O. d. (1980). Pendidikan Kesenian Seni Rupa. Jakarta: Rora Karya Offset.

Hasnawati dan Anggraini, D. (2016). Mozaik sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak dalam Pembelajaran Seni Rupa Menggunakan Metode Pembinaan Kreativitas dan Keterampilan. Jurnal PGSD, 9 (2) hal. 226-231.

Listiyani, P. H. (2017). Peningkatan Karakter Kerjasama Berbasis Layanan Bimbingan Klasikal dengan Pendekatan Metode Proyek. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Munandar, U. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah . Jakarta: PT. Gramedia.

Onwuegbuzie, A. &. (2003). A Framework for Analyzing Data in Mixed Methods Research. Dalam A. Tashakkori & C. Tiddlie (Eds.), Handbook of Mixed Methods in Social & Behavioral Research. Thousand Oaks, CA: Sage.

S., J. Y. (2021). Optimalisasi Kreativitas Pembelajaran SBDP Menggunakan Bahan Alam Peserta Didik Kelas II Candigaron 03 Tahun Ajaran 2020/2021. Journal of Education Research, 3 (2) hal. 40-52.

Sholiha, Nida. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Collective Painting dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) (Analisis Deskriptif pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Subang Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi. UPI.

Soekanto, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6237

Article Metrics

Abstract views : 90| PDF views : 73

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

 

Flag Counter