ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN DARING DI DESA SADANG SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Referensi
Ardianti S.D. dan Wanabuliandari S., Rahardjo S. 2017. Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model EJAS Dengan Pendekatan Science Edutainmnet. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1):1-7
Ardiyanti, Hestining dan Ismaya, E. A., Setiawan, Deka. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model STAD Berbantuan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1), 30-33.
Cahyani, Adhetya dan Lestiana, I. D., Larasati, S. P. D. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1), 123-140.
Darmalaksana, Wahyudin dan R. Hambali, Y. A., Masrur, A., Muhlas. 2020. Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Despa, Ayuni dan Marini, T., Fauziddin Mohammad, Parul Yolanda. 2020. Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididkan Anak Usia Dini, 5 (1), 414-421.
Dewi, W.A.F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (2), 55-61.
Fadlilah, Azizah Nurul. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 373-384.
Fatmala, Shofi dan Bintoro, H.S., Ardianti, S. D . 2021. Analisis Perhatian Orang Tua Selama Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah, 14 (1), 01-10.
Fitriyani, Yani dan Fauzi, I., Sari, M. Z. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6 (2), 165-175.
Hamdu, Ghullam dan Agustina, L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1), 81-86.
Handayani, Rekno. 2020. Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Di Keluarga Dan Sekolah Siswa SD 1 Gulang. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: FKIP UMK.
Kanzunnudin, Mohammad. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi.Rembang: Yayasan Adhigama
Khasanah, D.R.A.U dan Prambudiyanto, H., Widuroyekti, B. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41-48.
Kurnianto, Bagas dan Rahmawati, R. D. 2020. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Seminar Pendidikan Nasional, 2 (1), 8.
Markus. 2016. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V SDN Dabin II Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FKIP UNNES.
Rahma, F. N dan Wulandari, F., Husna, D. U. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2470-2477.
Rositania, Lenisa W dan Khamdun, Ardianti, S. D. 2021. Pola asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Desa Trangkil RW 02. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1), 30-42.
Sadikin, Ali dan Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendididkan Biologi, 6 (2), 212-224.
Santoso, Edi. 2009. Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.
Sari, P. S dan Tusyantari N. B., Suswandari, M. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (1), 14
Sobron dan Bayu, Rani, Suswandari, M. 2019. Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1 (2), 30-38.
Sofyana, Latjuba dan Rozaq, A. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8 (1), 81-86.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.
Suharyanto. 2020. COVID-19: Sumber dan Rujukan Karya Ilmiah. Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia.
Suharyanto. 2020. Glosarium seputar Covid-19. Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia.
Suryaningsih, Arifah. 2020. Peningkatan Motivasi Siswa Secara Online pada Pelajaran Animasi 2D Melalui Strategi Komunikasi Persuasif. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5 (1), 9-15.
Utomo, A.W. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas V SDN 2 Tanduk Ampel Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP UMS.
Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6 (2), 7-8.
Yuliawati, D. R. 2021. Optimalisasi Aplikasi WhatsApp dan Google Meet Untuk Penyampaian Materi pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2 (2), 66.
Yunitasari, Ria dan Hanifah, U. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (3), 232-243.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6612
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Terindeks
2. DRJI
View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu