Penanaman Nilai Akhlak Terpuji Pada Siswa SD Meneladani Perilaku Sultan Hadirin

Lisa Nur Hanifah
Ika Ari Pratiwi
Tomi Wahyu Septarianto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi nilai akhlak terpuji pada perilaku Sultan Hadirin di Desa Loram Kulon dan menganalisa cara mengimplementasikan terhadap nilai akhlak terpuji dari cerminan perilaku Sultan Hadirin pada siswa SD di Desa Loram Kulon. Pendekatan dalam penelitian ini diambil dari hasil foklor secara lisan mengarah terhadap penelitian kualitatif pendekatan naratif. Berdasarkan temuan hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa mengenai penanaman nilai akhlak terpuji terhadap siswa di SDN 1 Loram Kulon, Kudus. Siswa sudah melakukan implementasi setiap hari dari kegiatan bersedekah dan menghargai perbedaan yang dilakukan oleh Sultan Hadirin pada zaman dahulu. Kegiatan implementasi yang dilakukan siswa setiap hari di lingkungan sekolah yaitu melakukan kegiatan infaq setiap hari kamis, musyawarah, dan belajar kelompok.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu-Nimer, M. 2016. Introducing Values of Peace Education in Quranic Schools in Western Africa: Advantages and Challenges of the Islamic Peace-Building Model. Journal Religious Education, 0(0), 1-18. Agustian, M., Anindyta, P., & Grace, M. 2018. Mengembangkan Karakter Menghargai Perbedaan Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2). Ambarwati, L. 2012. Tradisi Gapura Masjid Wali Di Desa Loram Kudus. SUTASOMA, 1(1), 1-4. Bastomi, H. 2016. Dakwah Melalui Gerakan Bersedekah: Tinjuan Implementasi Program Pada PPPA Darul Qur’an. Jurnal MD: Membangun Profesionalisme Keilmuan, 2(2), 145-160. Budiyono, H. 2013. Penelitian Kualitatif Proses Pembelajaran Menulis: Pengumpulan dan Analisis Datanya. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 1-15. Creswell, John. W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih di Antara Lima Pendekatan. Terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Farid, E. K. 2016. Substansi Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW (Tinjauan Historis dan Tradisi di Indonesia. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 2(1), 25-31. Hamid, A. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Kota Palu. Ta’lim, 14(2), 195-206. Ginanjar, M.H, & Kurniawati, N. 2017. Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik, 12(6), 102-124. Hakim, L. 2012. Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1), 67-77. Kanzunnudin, M. 2017. Menggali Nilai dan Fungsi Cerita Rakyat Sultan Hadirin dan Masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon Kudus. Jurnal Kredo, 1(1), 1-16. Mustofa, A. 2019. Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Islam, 5(1), 24-42. Nofiaturrahmah, F. 2017. Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. Jurnal Zakat dan Wakaf, 2(4), 313-326. Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta : Farida. Nurdianzah, E. 2020. Akulturasi Budaya dalam Dakwah Sultan Hadirin di Desa Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA, 6(2), 297-318. Nurfalah, Y. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Terhadap Anak Didik. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(1), 85-99. Osman, R.A., & Sulaiman, M.A. 2018. Kesahan dan Kebolehpercayaan Konstruk di Dalam Kajian Niat Bersedekah. Thesis tidak diterbitkan. Malaysia: Pendidikan Universiti Awam. Rijali, A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. Sitompul, H. 2016. Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Dan Pembentukan Sikap Pada Anak. Darul Ilmi, 4(1), 54-62. Supriyanto, A, & Wahyudi, A. 2017. Skala Karakter Toleransi Konsep dan Opersional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan dan Kesadaran Individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 61-70. Yahya, R. 2019. Hubungan Pengetahuan Siswa Tentang Organisasi dan Sikap Demokratis dengan Perilaku Menghargai Perbedaan Siswa Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(1), 171-189. Yunus. B.M, dkk. 2018. Meneladani Nabi Muhammad dan Pengaruhnya Terhadap Servant-Leadership and Khidmat Behavior. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 2(33), 191-219.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i2.7426

Article Metrics

Abstract views : 319| PDF views : 157

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter