Nilai Moral Peduli Sesama Pada Kumpulan Dongeng Nusantara Karya Wahyu Astuti

Intan Nur Fadhilla Rahma, Irfai Fathurohman, Rani Setiawaty

Abstract


Nilai moral adalah tingkah laku baik atau buruk seseorang dalam lingkungan masyarakat yang menunjukkan kualitas perbuatan manusia. Dongeng dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam menjelaskan materi pelajaran bagi anak. Dongeng adalah sarana yang efektif untuk memberikan pendidikan nilai-nilai pada anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai moral yang terkait hubungan manusia dengan sesama dalam kumpulan dongeng pada buku yang berjudul 100 Dongeng Nusantara karya Wahyu Astuti. Hasil penelitian pada buku yang berjudul 100 Dongeng Nusantara karya Wahyu Astuti terdapat nilai moral peduli sesama yang ada pada cerita Putri Bunga Melur, Putri Pandan Berduri, Semangka Emas, Sari Bulan, Asal Usul Tanjung Menangis di Halmahera, Sultan Domas yang Baik Hati, La Sirimbone yang beruntung, Nyai Anteh Sang Penunggu Bulan.

References


Ardini, P. P. (2012). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 44–58. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905

Arikunto, Suharsini. (1996). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyari, M. M., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Apitan Masyarakat Singocandi Kudus. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5764

Bahri, S., & Lestari, E. T. (2020). Implementasi Pengembangan Nilai Peduli Sosial Melalui Tradisi Ter-Ater Masyarakat Suku Madura pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 187–198. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.5350

Burgess, S., Rogers, M., & Jefferies, D. (2022). Empathy and Narrative: A Discussion of Contemporary Stories from Childcare and Healthcare. International Electronic Journal of Elementary Education, 14(5), 631–646. https://doi.org/10.26822/iejee.2022.268

Fardani, M.A, Pratiwi, Ika Ari, Prasetyo Zuhdan Kun, Samsuri, & Khotimah, Tutik. (2021). Game Panjol Berbasis Android untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika: 11 (2), 241-249. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5548

Fatina, S. W., & Iskandar, P. A. (2022). Penanaman Nilai Moral Cerita Rakyat Perang Obor untuk Membantuk Karakter Siswa. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 44–53. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7696

Firwan, M. (2017). Nilai Moral dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(2), 49–60. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12290/9581

Gafar, A & Sarah, N. (2020). Nilai Moral dari Aspek Hubungan Manusia dengan Manusia dalam Kumpulan Cerita Rakyat Daerah Jambi Karya Thabran Kahar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2). https://doi.org/ http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v4i2

Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1 (1), 21-29. http://dx.doi.org/10.17977/um008v1i12017p021

Haryadi, Toto & Ulumuddin, I.I.I (2016). Penanaman Nilai dan Moral Pada Anak Sekolah Dasar dengan Pendekatan Storytelling Melalui Media Komunikasi Visual. Jurnal Andharupa, 2 (1), 56-72. https://doi.org/1033633/andharupa.v2i01.1018

Iskhaq, A., Oktaviyanti, I., & Fajrie, N. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Budaya Genteng Desa Mayongkidul Jepara. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 34–41. https://doi.org/1024176/jpi.v1i2.6200

Kaliszewska-Henczel, M. (2025). Children’s Thoughts on Wonder in Fairy Tales. Children’s Literature in Education, 56(2), 349–364. https://doi.org/10.1007/s10583-023-09570-8

Kamariah & Missa Sari. (2019). Nilai Moral Pada Dongeng Nusantara Karya Na’an Ongky S. dan Fatiharifah. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14 (1), 46-58. https://doi.org/1033654/jpl.v14i1.636

Kartika, P.C. (2015). Meningkatkan Jiwa Sosial Anak melalui Karya Sastra Berupa Dongeng. Jurnal Stilistika, 8 (2), 102-112. https://dx.doi.org/10.30651/st.v8i2.93.g109

Kumoro, Kanzunnudin, M., & Ika Ari Pratiwi. (2021). Metode Guru dalam Penguatan Karakter Kemandirian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 37–41. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6600

Kusnoto, Yuver. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. Social Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial. 4 (2). 247-255. https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.675

Nilamsari, Aprilia, Fardani, M.A & Kironoratri, Lintang. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio: 9 (2), 490-498. https://doi.org/1031949/educatio.v9i2.4695

Nuha, S. U, Ismaya, E. A & Fardani, M.A. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04 (1), 17-23. https://doi.org/1026618/jrpd.v4i1.4722

Safitri, A. R., Murtono, & Setiawan, D. (2022). Dampak Film Animasi Upin Ipin Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.6974

Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Nilai Pendidikan Karakter pada Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 64–79. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.24931

Sayekti, A., Fajrie, N., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Religius dan Toleransi dalam Film Animasi “Nusa dan Rara.” Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7455

Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santoso, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah Sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif-Islam, 177–188. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/3407/pdf

Sholiha, L. & Mujahidin, E. (2013). Analisis Materi Dongeng Sebagai Media Pendidikan Karakter pada Buku Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Humaniora, 4 (2), 75-85. https://doi.org/10.30997/jsh.v4i2.471

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zdanevych, L. V., Syrova, Y. V., Kolosova, S. V., Pyvovarenko, M. S., & Kurhannikova, O. O. (2020). Instilling the system of values in preschool children in the cultural and educational space. Universal Journal of Educational Research, 8(11 B), 5991–5999. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082235




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i1.7529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter