Nilai Moral Peduli Sesama Pada Kumpulan Dongeng Nusantara Karya Wahyu Astuti
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardini, P. P. (2012). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 44–58. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905
Arikunto, Suharsini. (1996). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyari, M. M., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Apitan Masyarakat Singocandi Kudus. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5764
Bahri, S., & Lestari, E. T. (2020). Implementasi Pengembangan Nilai Peduli Sosial Melalui Tradisi Ter-Ater Masyarakat Suku Madura pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 187–198. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.5350
Burgess, S., Rogers, M., & Jefferies, D. (2022). Empathy and Narrative: A Discussion of Contemporary Stories from Childcare and Healthcare. International Electronic Journal of Elementary Education, 14(5), 631–646. https://doi.org/10.26822/iejee.2022.268
Fardani, M.A, Pratiwi, Ika Ari, Prasetyo Zuhdan Kun, Samsuri, & Khotimah, Tutik. (2021). Game Panjol Berbasis Android untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika: 11 (2), 241-249. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5548
Fatina, S. W., & Iskandar, P. A. (2022). Penanaman Nilai Moral Cerita Rakyat Perang Obor untuk Membantuk Karakter Siswa. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 44–53. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7696
Firwan, M. (2017). Nilai Moral dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(2), 49–60. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12290/9581
Gafar, A & Sarah, N. (2020). Nilai Moral dari Aspek Hubungan Manusia dengan Manusia dalam Kumpulan Cerita Rakyat Daerah Jambi Karya Thabran Kahar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2). https://doi.org/ http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v4i2
Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1 (1), 21-29. http://dx.doi.org/10.17977/um008v1i12017p021
Haryadi, Toto & Ulumuddin, I.I.I (2016). Penanaman Nilai dan Moral Pada Anak Sekolah Dasar dengan Pendekatan Storytelling Melalui Media Komunikasi Visual. Jurnal Andharupa, 2 (1), 56-72. https://doi.org/1033633/andharupa.v2i01.1018
Iskhaq, A., Oktaviyanti, I., & Fajrie, N. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Budaya Genteng Desa Mayongkidul Jepara. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 34–41. https://doi.org/1024176/jpi.v1i2.6200
Kaliszewska-Henczel, M. (2025). Children’s Thoughts on Wonder in Fairy Tales. Children’s Literature in Education, 56(2), 349–364. https://doi.org/10.1007/s10583-023-09570-8
Kamariah & Missa Sari. (2019). Nilai Moral Pada Dongeng Nusantara Karya Na’an Ongky S. dan Fatiharifah. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14 (1), 46-58. https://doi.org/1033654/jpl.v14i1.636
Kartika, P.C. (2015). Meningkatkan Jiwa Sosial Anak melalui Karya Sastra Berupa Dongeng. Jurnal Stilistika, 8 (2), 102-112. https://dx.doi.org/10.30651/st.v8i2.93.g109
Kumoro, Kanzunnudin, M., & Ika Ari Pratiwi. (2021). Metode Guru dalam Penguatan Karakter Kemandirian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 37–41. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6600
Kusnoto, Yuver. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. Social Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial. 4 (2). 247-255. https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.675
Nilamsari, Aprilia, Fardani, M.A & Kironoratri, Lintang. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio: 9 (2), 490-498. https://doi.org/1031949/educatio.v9i2.4695
Nuha, S. U, Ismaya, E. A & Fardani, M.A. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04 (1), 17-23. https://doi.org/1026618/jrpd.v4i1.4722
Safitri, A. R., Murtono, & Setiawan, D. (2022). Dampak Film Animasi Upin Ipin Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.6974
Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Nilai Pendidikan Karakter pada Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 64–79. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.24931
Sayekti, A., Fajrie, N., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Religius dan Toleransi dalam Film Animasi “Nusa dan Rara.” Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 10–19. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7455
Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santoso, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah Sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif-Islam, 177–188. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/3407/pdf
Sholiha, L. & Mujahidin, E. (2013). Analisis Materi Dongeng Sebagai Media Pendidikan Karakter pada Buku Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Humaniora, 4 (2), 75-85. https://doi.org/10.30997/jsh.v4i2.471
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zdanevych, L. V., Syrova, Y. V., Kolosova, S. V., Pyvovarenko, M. S., & Kurhannikova, O. O. (2020). Instilling the system of values in preschool children in the cultural and educational space. Universal Journal of Educational Research, 8(11 B), 5991–5999. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082235
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i1.7529
Refbacks
- There are currently no refbacks.