GERAKAN LITERASI SEKOLAH MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Miftahul Jannah
Siti Masfuah
Much Arsyad Fardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar, kegiatan literasi sekolah pada masa pandemi covid-19ini ditunjukkan untuk menumbuhkan minat baca pada siswa, sehingga mendorong peneliti untuk menganalisis masalah tersebut. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Peneliti mengambil subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas V dan guru kelas II. Peneliti menggunakan pengumpulan data meliputi wawancara, pencatatan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar di SD Negeri Margotuhu Kidul menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 yang masih pada tahapan pembiasaan yaitu melalui adanya kegiatan pembiasaan 15 menit membaca, sudut baca dan mading. (2) Faktor pendukung gerakan literasi sekolah di SD Negeri Margotuhu Kidul adanya peran aktif seluruh warga sekolah yang ikut dalam gerakan literasi kemudian adanya dukungan dana sekolah dari pihak luar, tersedianya sudut baca ditiap masing-masing kelas, serta dapat dukungan dari orangtua siswa. Faktor penghambatnya pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Negeri Margotuhu Kidul adanya koleksi buku bacaan seperti non-pelajaran maupun buku pelajaran di perpustakaan maupun di sudut baca yang sangat terbatas dan adanya pengaruh teknologi seperti gadget yang membuat para siswa lebih menyukai bermain HP daripada pergi ke perpustakaan untuk membaca buku.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8364

Article Metrics

Abstract views : 358| PDF views : 1252

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter