peningkatan hasil belajar siswa melalui media Quizizz berpaduan video youtube pada siswa kelas IV sd 1 gamong

Ratna Eka Sari, Nur Fahrie, Diana Ermawati, Lailatus Sa'diah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada materi keragaman sosial budaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus 2 pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV SD 1 Gamong sebanyak 12 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media quizizz dan video youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dengan rata-rata kelas 83,33%, aspek psikomotorik ada peningkatan rata-rata kelas 81%. Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata kelas 70% – 86% serta peningkatan keterampilan mengajar guru sebesar 76% - 86%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media quizizz dan video youtube dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada materi keragaman sosial budaya.


References


Agus, Wahyudi, dkk. (2018). Beda Tapi Sama Harmoni dalam Keberagaman. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ardianti, Sekar Dwi & Raida, Sulasfiana Alfi. (2022). The Effect of Project Based Learning with Ethnoscience Approach on Science Conceptual Understanding. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2). 207-214. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.89

Dewi, Anggitalina Pramila. (2021). Penggunaan Slide Interaktif pada Pembelajaran Daring Materi Substansi Genetik untuk Meningkatkan Aspek Koginitif Siswa. Wasis, 2(1). 55-61. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.6037

Fardani, Much Arsyad. (2023). Model Teams Game Tournament Bermediakan Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Siswa Sekolah Dasar. Edukasia, 4(2). 1081-1088. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/396

Farhatunnisya, Aisyah. (2020). Pemanfaatan Video Youtube dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Insan Litera. Jurnal Comm-Edu. 3 (2). 110-113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.3756

Fazriyah, N., Cartono, dan Awangga, RM. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 8 (2). 199-204. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429

Handoko, Anditya & Ghofur, Muhammad Abdul. (2020). Peran Komunikasi Didaktik, Pembelajaran Kolaborasi, dan Kinerja Guru pada Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Refleksi Edukatika, 11(1). 41-48. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4713

Kholifah, Siti, dkk. (2018). Penggunaan Media You Tube untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia Kelas VIII di MTs Sa Miftahus SaadahSukorambi Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Bioshell. 7 (1). 436-439. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/358

Mshayisa, V. V., & Basitere, M. (2021). Flipped laboratory classes: Student performance and perceptions in undergraduate food science and technology. Journal of Food Science Education, 20(4), 208–220. https://doi.org/10.1111/1541-4329.12235

Mulyati, S. dan Efendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Gauss Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1). 64-73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Mursyidah, Kanzunnudin, Moh, & Ardianti, Sekar Dwi. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring di Desa Sadang Selam Pandemi Covid-19. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3). 9-20. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6612

Narawati, A. Y., Supriadi, D., & Mulyanto, R. (2024). Using Quizizz as an Interactive Learning Media to Improve Cognitive Values in Elementary School Students. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 5(1), 71–76. https://doi.org/10.52088/ijesty.v5i1.637

Purba, Leony Sanga Lamsari. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan. 12(1). 30-32. https://doi.org/10.51212/jdp.v12i1.1028

Pusparani, Herlina. (2020). Media Quizizz sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI di SDN Guntur Kota Cirebon. Jurnal Tunas Nusantara. 2 (2), 271. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496

Putra, Adi Prisma, et all. (2021). Penerapan Model Teams Game Tournament Berbantuan Media Pemprof untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). 1-8. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6061

Putri, Risky Mandala, Wanabuliandari, Savitri, & Fardani, Much Arsyad. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Didesa Winong. SNAPMAT (Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Roosilawati, Erwin (2022) Bagaimana Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Tengah Pandemi Covid-19. [online], (2022. lpmpjateng.go.id diakses tanggal 30 Juni 2022).

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Saputro, Kevin Rangga Jati, Ulya, Himmatul, & Fardani, Much Arsyad. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Daring terhadap Prestasi Belajar Muatan Matematika SD 2 Karangrowo. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). 1-7. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6260

Utomo, Hendro. 2020. Penerapan Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan. 1 (3). 37. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.6

Yassin, B. (2024). Enhancing English as a Foreign Language (EFL) learning in Saudi Arabia: the academic contribution of YouTube in EFL learning and cultural awareness. Frontiers in Education, 9(October), 1–9. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1451504




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i1.8456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter