KARAKTER KERJA KERAS TOKOH BU MUSLIMAH DALAM FILM LASKAR PELANGI KARYA RIRI RIZA

adim tri budiarti

Abstract


Guru sebagai tenaga pendidik telah kehilangan nilai-nilai karakter kerja kerasnya. Karakter kerja keras dapat diperoleh dari sebuah karya sastra dalam Film Laskar Pelangi karya Riri Riza. Karya sastra ini terdapat tokoh dengan karakter kerja keras yang dapat dicontoh oleh guru, yaitu Bu Muslimah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan karakter kerja keras Bu Muslimah. Karakter kerja keras adalah perilaku dengan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan. Film adalah karya seni berbentuk media audio-visual komunikasi massa yang efektif dan mampu mempengaruhi penontonnya. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa tuturan kata dan tindakan dari tokoh Bu Muslimah yang mencerminkan karakter kerja keras. Pengumpulan data: simak-catat, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data penelitian ini dari Krippendorf, terdiri diri dari: unit sampel, unit pencatatan, unit konteks, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: nilai karakter kerja keras Bu Muslimah pada film Laskar Pelangi terdiri dari: memiliki semangat dan tekad yang kuat, pantang menyerah dan berani mencoba. Saran dalam film Laskar Pelangi yaitu hendaknya film Laskar Pelangi diberi terjemahan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris supaya semua khalayak dapat memahami komunikasi dalam film dengan baik. Karena film Laskar Pelangi menggunakan Bahasa Melayu (Bahasa Daerah) yang tidak semua orang mengetahuinya.


References


Asri, R. (2020). Membaca Film sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74-86. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462

Becker, D., & van der Pligt, J. (2016). Forcing your luck: Goal-striving behavior in chance situations. Motivation and Emotion, 40(2), 203–211. https://doi.org/10.1007/s11031-015-9527-5

Damayanti, L. (2012). Sikap Pantang Menyerah dan Ulet. (Artikel online, diakses pada laman http://damayantilinda.blogspot.com/2012/02/sikappantang-menyerah-dan-ulet.html).

Erictama, Denny. (2016). Semangat Mengajar Adalah Kunci Keprofesionalan Guru (Artikel online diakses pada 1 Agustus 2022 pada laman https://www.kompasiana.com/denni_eric/5718a202f77e61150901a737/semangat-mengajar-adalah-kunci-keprofesionalan-guru?page=all#section1 ).

Fathurohman, I., Nurcahyo, A. D., & Rondli, W. S. (2015). Film Animasi sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Memacu Keaksaraan Multibahasa pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.24176/re.v5i1.430

Griffin, Trudi. (2001). Cara Mengembangkan Sikap Pantang Menyerah. (Artikel online diakses pada 1 Agustus 2022 dalam laman https://id.wikihow.com/Mengembangkan-Sikap-Pantang-Menyerah ).

Hasanah, I. M. (2019). Analisis Karakter Tokoh Film “Pada Zaman Dahulu” Episode Jangan Bersahabat dengan Kera di MNCTV (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Iskhaq, A., Oktaviyanti, I., & Fajrie, N. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Budaya Genteng Desa Mayongkidul Jepara. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6200

Kumoro, Kanzunnudin, M., & Ika Ari Pratiwi. (2021). Metode Guru dalam Penguatan Karakter KeKemandirian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 37–41. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6600

Kompas.com. (2008). Laskar Pelangi Pecahkan Rekor. (Artikel online diakses pada 1 Juli 2022 pada laman https://tekno.kompas.com/read/2008/11/15/00495412/~Oase~Cakrawala ).

Kurniawan, David. (2021). 2 Bulan Bolos, Seorang Guru di Purwosari Terancam Dipecat. (Artikel online diakses 7 Juni 2021 dari https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2021/02/06/513/1031196/ ).

Ma'rufi, Suryana, dan Yusuf. (2018). Hubungan Sikap Berani dengan Kepercayaan Diri pada Kegiatan Senam Irama. Edadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (3), 287-296. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i3.13296

Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15 (1), 36-46. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370

Munfarikhatin, A., Mayasari, D., Natsir, I., & Yurfiah. (2019). Analysis of hard work character and students of PISA mathematics literature. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012211

Ngaliatul. (2016). Profil Guru pada Tokoh Muslimah dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Skripsi. Purwokerto: UIN Prof. KH.Saifuddin Zuhri.

Pratama, Alfa. (2017). Film Indonesia yang Mendapatkan Penghargaan Internasioanl, Dua di Antaranya Film Horor. (Artikel online diakses 8 Juni 2021 dari https://www.grid.id ).

Rubiyanto, R. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP-PGSD UMS.

Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Nilai Pendidikan Karakter pada Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 64–79. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.24931

Sayekti, A., Fajrie, N., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Religius dan Toleransi dalam Film Animasi. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7455

Setiawan, Nur. (2016). Nilai-nilai Kerja Keras dalam Novel Purnama dari Timur Sebagai Pengembangan Kompetensi Guru PAI. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santoso, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif-Islam. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, 177–188. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/

Simamora, Alfandi. (2021). 9 Guru SDN 007 Tambelan Bintan Dapat Sanksi, Tukin Tak Dibayar 2 Bulan Karena Kasus ini. (Artikel online diakses 7 Juni 2021 dari https://batam.tribunnews.com/2021/03/26/9/ ).

Sudarto, A. D., Senduk J., & Rembang, M. (2015). Analisis Semiotika Film “Alangkah Lucunya Negeri Ini”. Acta Diurna Komunikasi, 4(1), 35-51. https://doi.org/10.35797/adk.v6i3

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 156-168. https://doi.org/10.31571/bahasa.v6i2.619

Tambunan, F. & Hasibuan, R. (2018). Pengaruh Percaya Diri dan Tekad yang Kuat terhadap Berwirausaha. Jurnal Administrasi Publik, 8 (2), 157-162. https://doi.org/10.31289/jap.v8i2.1901

Tasmara, Toto. (2002). Membudayakan Etos Kerja Islami. Jakarta: Gema Insani.

Tursih, Suyadi, Salsabila & Kurniawan. (2021) Etos Kerja Pelajar Muslim dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 151-162. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1868

Welianto. (2020). Nilai Semangat Pendiri Bangsa. (Artikel online diakses pada 1 Agustus 2022 pada laman https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/09/183000269/nilai-semangat-pendiri-bangsa?page=all ).

Yuniarti, D & Sukestiyarno, YL. (2020). Pembentukan Karakter Kerja kerasdan Kemampuan Pemecahan masalah Melalui Pembelajaran Berbantuan Modul Etnomatematika dan Pendampingan dengan Teknik Scaffolding. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika 3, 279-284.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i1.8610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter