Nilai Karakter Cinta Tanah Air Dalam Film "Tanah Surga Katanya" Sebagai Pendidikan Anak Sekolah Dasar

Rosfida Ariana Widyaningrum, Khamdun Khamdun, Ela Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud nilai karakter cinta tanah air dalam film “Tanah Surga Katanya” untuk anak Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi dan analisis isi (Content analysis). Langkah analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya wujud nilai karakter cinta tanah air pada film “Tanah Surga Katanya” yang dapat terwujud dalam beberapa indikator, yaitu antara lain menanamkan nasionalisme dan persatuan dan kesatuan bangsa, menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, memajang bendera Indonesia, Pancasila, gambar presiden serta simbol negara lainnya, bangga dengan karya bangsa, dan melestarikan seni dan budaya bangsa.

References


Azhari, I, Utaminingsih, Sri, & Fardani, M.A. (2022). Penanaman dan Strategi Sekolah dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa di SDN 3 Padurenan. Integralistik, 33(1). 37-43. https://doi.org./10.15294/integralistik.v33i1.32876

Azzel, A. M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Damara, S. (2010). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Evi Nur Khofifah, & Siti Mufarochah. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Fadillah, N. (2013). Penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Penanaman Pendidikan Karakter, 53(9), 1689–1699.

Fajri, I. (2022). Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme pada Generasi Muda. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 2(4), 1-11. https://doi.org/10.9999/jocosae.v2i4.64

Hariyanto, M. S. (2019). Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusumawati, S. B., Jannah, A. D., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati untuk Siswa Sekolah Dasar. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 6(02), 104–114. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2349

López Serrano, M. J. (2019). El cine como propuesta pedagógica en el alumnado del Grado de Maestro en Educación Primaria. El Futuro Del Pasado, 10, 327–341. https://doi.org/10.14516/fdp.2019.010.001.012

Lutfillah, N., Elan, Luthfillah, Nuruzahra, & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research: 3(1). 35-41. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.74

Moleong, L. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muin, A. (2015). Nilai Nasionalisme dalam Film Tanah Surga Katanya. Skripsi. Universitas Hasanudin.

Muñoz-Galiano, I. M., García, E. G., Miranda, M. B., & Ariza, A. C. (2022). El papel de los himnos de Europa en el desarrollo de un nacionalismo étnico. Novum Jus, 16 (1), 157–186. https://doi.org/10.14718/NovumJus.2022.16.1.7

Na, R., & Sun, N. (2022). Emotion Recognition and Classification of Film Reviews Based on Deep Learning and Multimodal Fusion. Wireless Communications and Mobile Computing, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/2024352

Nilamsari, A., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 490–498. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695

Rahmat, A., Akip, M., & Iqbal, M. (2021). Pola Dasar Penanaman Pendidikan Karakter Pada Anak di dalam Keluarga. Jurnal Hawa, 3(2), 94–102. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/view/5859

Ratih, K. (2020). Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan.

Rohmawati, E. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Cinta Tanah Air melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo di MIMa'arif Polorejo Babadan Ponorogo. Skripsi. IAIN Ponorogo.

Saleh, M. H. (2011). Model Pemaknaan Nasionalisme Masyarakat Pulau Sebatik Kalimantan Timur. Borneo Administrator, 7 (2). 202-221. https://doi.org/10.24258/jba.v7i2.74

Salminati, I. (2017). Pembiasaan Upacara Bendera sebagai Upaya Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 1 (1). 8-11. https://doi.org/10.31316/jk.v1i1.877

Samani, M., & Hariyanto. (2016). Konsep danModel Pendidikan Karakter. Bandung: PTRemaja Rosdakarya.

Santoso, J., Sabardila, A., Wahyudi, A. B., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2018). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Ungkapan Hikmah. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. 65–75. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/

Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santoso, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah Sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan , 177–188. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/

Sutarna, N. (2018). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Diniyah.

Trianton, T. (2013). Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijayanti, O., & Wiarsih, C. (2019). Gerakan Seniman Masuk Sekolah Melalui Pembelajaran Tari Guna Menguatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i1.8631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter