ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM PENULISAN KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD 04 BESITO KUDUS

indah herawati
mohammad kanzunnudin
Dwiana Asih Wiranti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan ejaan dalam menulis karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode naratif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada siswa kelas IV SD di Desa Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Teknik analisis data yang digunakan meliputi membaca, menandai atau mengidentifikasi, mengklasifikasikan data dan mendeskripsikan kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa kelas IV SD 04 Besito yang melakukan kesalahan penggunaan huruf kapital dalam penggunaan ejaan, kesalahan penulisan kata depan danĀ  terdapat kesalahan tanda titik pada akhir kalimat sedangkan kesalahan koma terdapat pada karangan siswa yang tidak memberikan tanda koma untuk memisahkan detail kata. Faktor penyebab kesalahan ejaan siswa yaitu kurangnya pengetahuan siswa dalam materi mengejaan, Cara guru mengurangi tingkat kesalahan ejaan siswa adalah dengan memberikan latihan menulis karangan, kemudian mengingatkan penggunaan ejaan sebelum menulis karangan dll

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8643

Article Metrics

Abstract views : 329| PDF views : 349

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter