HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 NALUMSARI

Dampit Adi Sofiyan, Fitria Novita Sarie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Nalumsari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Sumber data  berjumlah sebanyak 27 orang siswa diambil menggunakan angket perhatian orang tua dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik  analisis data yang digunakan adalah pearson product moment. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Nalumsari. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,838 > dari rtabel sebesar 0,381 dengan signifikansi sebesar 0,05 atau 5%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa.


References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arumsari, Azizah. (2021). Strategi Belajar Membaca untuk Anak Tunarungu. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). 1-9. https://doi.org/10.24176/re.v12i1.7209

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approach (5th ed.). SAGE Publications.

Dermawan, M. D. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan SIswa Kelas XI TGB SMK Negeri 1 Tanjung Raya. CIVED, 5(1), 2124-2127. https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9932

Endriani, A. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2). 104-116. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/708

Erdem, C., & Kaya, M. (2020). A Meta-Analysis of the Effect of Parental Involvement on Students' Academic Achievement. Journal of Learning for Development, 7(3), 367-383. https://doi.org/10.56059/jl4d.v7i3.417

Ertem, H. Y., & Gökalp, G. (2020). Parents' Perceptions of School Climate and Parent Involvement in Terms of Education Levels of Parents And Grade of Their Children. Hacettepe Üniversitesi Eğitim Fakültesi Dergisi (H. U. Journal of Education), 35(1), 78–91. e-ISSN: 2536-4758.

https://doi.org/10.16986/HUJE.2018040670

Faizah, Reza Nur, Fajrie, Nur, & Rahayu, Ratri. (2021). Sikap Sopan Santun Anak dilihat dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). 13-18. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062

Fardani, M.A & Wiranti, D.A. (2019). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Jawa Krama Anak Usia Dini. Prosiding Jurnal Nasional Pendidikan PGSD UMK.

Febriany, R., & Yusri, Y. (2013). Hubungan Perhatian OrangTua dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah. Konselor, 2(1). 8-16. https://doi.org/10.24036/0201321727-0-00

KBBI, (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), [online], (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/hasil, diakses tanggal 10 Maret 2022)

Kusuma, Y. Y. (2021). Analisis Hubungan Perhatian orang Tua dengan Prestasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 65-70. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1384

Ma, L., Liu, J., & Li, B. (2022). The Association Between Teacher‐Student Relationship And Academic Achievement: The Moderating Effect Of Parental Involvement. Psychology in the Schools, 59(2), 281-296.

https://doi.org/10.1002/pits.22608

Marbun, Y. M. R. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(2), 111-120. https://doi.org/10.36294/jmp.v5i2.1883

Mutodi, P., & Ngirande, H. (2014). The impact of parental involvement on student performance: A case study of a South African secondary school. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(8), 279-289. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n8p279

Muzakki, Z., & Dahari, D. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Hasil Belajar Siswa di Perumahan Graha Mas Serpong Utara. Jurnal Asy-Syukriyyah, 22(2), 126-134. https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.166

Na'im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 32-52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621

Navida, Ilyun, Fakhriyah, Fina, & Kironoratri, Lintang. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa diMasa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(01). 11-21. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1366

Nisa, Khoirun, Fakhriyah, Fina, & Masfuah, Siti. (2021). Hubungan Pola Asuh dengan Kecerdasan Emosional Anak pada Usia 11-12 Tahun. Jurnal Educatio, 7(1). 55-63. DOI : https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.833

Paramansyah, A., Husna, A. I. N., & Ernawati, E. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VII. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 81-101. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.288

Parnawi, Afi. (2019). Psikologi belajar. Yogyakarta : Deepublish.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2). 75-103. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Rahman, A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 171-180. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i02.95

Rini, E. S. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 9(2). 1131-1149. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1656/1343

Santiarini, R. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Joyful Learning Journal, 9(2), 109-114. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i2.41555

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 369-376. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285

Saputri, E. M., Supriyono, S., & Pengestika, R. R. (2021). Analisis Peran Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio , 7(4), 1885-1894. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1445

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Subhan, S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Bermain Peran Pada Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Fattah I Banyuurip Ujungpangkah (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi, F. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Percobaan dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7). 1-14. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6305

Suprapti, Niken, Oktavianto, Ika, & Ahsin, M.N. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di SDN 2 Karangharjo Grobogan. Jurnal Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1). 14-20. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7420

Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(2), 185-191. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316

Thaba, A., & Baharuddin, M. R. (2022). Influence of Parental Attention, Self-Concept, and independent learning on Students' Learning Achievement in the Indonesian Language Subjects. Eurasian Journal of Educational Research (EJER), (97).

https://doi.org/10.14689/ejer.2022.97.06

Treviño-Villarreal, D. C., & González-Medina, M. A. (2022). Parental involvement and educational achievement: A consideration of this relationship in baccalaureate students. Electronic Journal of Educational Research, Assessment & Evaluation/Revista Electrónica de Investigación y Evaluación Educativa, 28(1). https://doi.org/10.30827/relieve.v28i1.23786

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Wiranti, D.A & Sutriyani, Wulan. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Sorogan Hanacaraka Terhadap Kemampuan Menulis Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Elemantary: Islamic Teacher Journal, 8(2). 313-338. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8156




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i2.8648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter