ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS LOCAL LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD 4 GETASPEJATEN

Zaenal Zaenal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar tematik berbasis Local learning sebagai pendamping yang dapat digunakan untuk melengkapi buku kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian analisis kebutuhan (needs analysis research).  Subjek pada penelitian ini adalah 26 siswa, serta satu orang guru kelas IV. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan penyebaran angket oleh guru dan siswa kelas IV SD 4 Getas Pejaten untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas serta identifikasi bahan ajar yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dan siswa kelas IV SD 4 Getas Pejaten membutuhkan bahan ajar berbasis Local learning sebagai pendamping untuk melaksanakan pembelajaran.


References


Achmad, Z. A. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data dan Metode Penelitian. The Journal of Society. 2(2) 130-145. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145

Aisyah, S. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2 (1), 62-65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838

Brown, J. D. (2016). Introducing Needs Analysis and English for Specific Purposes. Routledge.

Cifrian, E., Andrés, A., Galán, B., & Viguri, J. R. (2020). Integration of Different Assessment Approaches: Application to A Project-Based Learning Engineering Course. Education for Chemical Engineers, 31, 62–75. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ece.2020.04.006

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jurnal Pedagogik, 05 (01), 100-108. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226

Farhana, Z. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Atlantis Plus Depok. Jurnal Intruksional. 3 (1), 01-17. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17

Fauzan, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Online Pada Mata Kuliah Landasan Teknologi Pendidikan. Jurnal Pembvelajaran Inovatif, 02 (01), 46-54. https://doi.org/10.21009/JPI.021.07

Fitriyyah, D. (2018). Analisis Kelayakan Buku Tematik Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar (Perspektif Pendidikan Karakter). Jurnal Estetik, 1 (02), 149-166. https://doi.org/10.29240/estetik.v1i2.635

Huljannah, M. 2021. Pentingnya Proses Evaluasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal In Elementary Education, 2 (2). https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157

Khotimah, N., & Digna, D. (2021). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Pengembangan Karakter Positif Peserta Didik. Proseding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Sains. https://e-journal.unair.ac.id/JPERPUS/article/view/38846

Kuhn, J., & Müller, A. (2014). Context-Based Science Education By Newspaper Story Problems: A Study on Motivation And Learning Effects. Perspectives in Science, 2(1–4), 5–21. https://doi.org/10.1016/j.pisc.2014.06.001

Lubis, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Kelas. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3 (3), 206–215. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i3.6173

Magdalena, I. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2 (2), 311-326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/download/828/570

Ndihokubwayo, K., Byukusenge, C., Byusa, E., Habiyaremye, H. T., Mbonyiryivuze, A., & Mukagihana, J. (2022). Lesson Plan Analysis Protocol (LPAP): A Useful Tool For Researchers and Educational Evaluators. Heliyon, 8(1). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08730

Nurhidayati, I. (2021). Pembelajaran Seni Tari Berbasis Kearifan Lokal dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary 4 (1), 32–35. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3554

Purnanto, A. W. & Mustadi, Ali. (2016). Analisis Kelayakan Bahasa dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 101. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/2773

Susilawati, F., Gunarhadi, & Hartono. (2020). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Peningkatan Karakter Peduli Lindungi Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12 (1), 62-62. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15068

Van den Ham, A. K., & Heinze, A. (2018). Does the Textbook Matter? Longitudinal Effects of Textbook Choice on Primary School Students’ Achievement in Mathematics. Studies in Educational Evaluation, 59(April), 133–140. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.07.005




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i3.8679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter