ANALISIS DAMPAK BULLYING PADA REMAJA

Eka Trisna Wahani, Sheila Putri Isroini, Agung Setyawan

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan tentang pengaruh bullying terhadap kesehatan mental remaja. Bullying merupakan suatu tindakan kekerasan yang dilakukan karena adanya paksaan terhadap seseorang maupun sekelompok orang yang berkepribadian lemah. Maraknya perilaku bullying di lingkungan remaja saat ini memberikan dampak yang dapat menghambat perkembangan remaja. Ada beberapa cara yang dapat menimbulkan adanya perilaku bullying seperti, mental, fisik bahkan media massa. Pada umumnya, korban dari perilaku bullying adalah remaja-remaja yang enggan berinteraksi antar sesama. Dengan adanya artikel ini, bertujuan untuk menginformasikan pengaruh bullying terhadap kesehatan mental remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang sumber datanya diperoleh dari jurnal yang relevan. Dari data yang kami peroleh menunjukkan bahwa perilaku bullying terjadi karena adanya faktor internal dan faktor eksternal. Perilaku bullying memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan remaja baik secara verbal maupun non verbal. Perilaku bullying secara verbal biasanya dapat dilakukan dengan tindakan seperti mengancam, menghina, melecehkan dan lain sebagainya, sedangkan perilaku bullying secara non verbal dapat dilakukan dengan sengaja memojokkan korban, menghancurkan hubungan pertemanan korban.


References


Alvi, S. M., Habeeb, H., & Aftab, N. (2023). Effect of Parenting Styles on Emotional Intelligence and Personality Traits Among Medical Students. Journal of Management Practices, Humanities and Social Sciences, 7(1), 15-23. https://doi.org/10.33152/jmphss-7.1.2

Anbiyaningra, R. (2016). Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas Di Lingkungan Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMA Sumatra 40 yang Melakukan Bullying) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Bachri, Y., Putri, M., Sari, Y. P., & Ningsih, R. (2021). Pencegahan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Salingka Abdimas, 1(1), 30- 36.

Borgstede, M., & Scholz, M. (2021). Quantitative and Qualitative Approaches to Generalization and Replication–A Representationalist view. Frontiers in Psychology, 12, 605191.

Ferfolja, T., & Ullman, J. (2021). Inclusive Pedagogies for Transgender and Gender Diverse Children: Parents’ Perspectives on The Limits of Discourses of Bullying and Risk in Schools. Pedagogy, Culture & Society, 29(5), 793-810.

Gizzarelli, E., Burns, S., & Francis, J. (2023). School Staff Responses to Student Reports of Bullying: A Scoping review. Health promotion journal of Australia, 34(2), 508-517. https://doi.org/10.1002/hpja.680

Hanis, N., Marthoenis, Maidar, Abdullah, A., & Saputra, I. (2023). Hubungan Bullying dan Literasi Kesehatan Mental dengan Status Kesehatan Mental Remaja pada Sekolah Boarding di Banda Aceh. NASUWAKES: Jurnal Kesehatan Ilmiah, 14(2), 96–105. Retrieved from https://journal.poltekkesaceh.ac.id/index.php/nasuwakes/article/view/269

Hikmat, R., Yosep, I., Hernawaty, T., & Mardhiyah, A. (2024). A scoping review of anti-bullying interventions: reducing traumatic effect of bullying among adolescents. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 289-304. https://doi.org/10.2147/JMDH.S443841

Janitra, P. A., & Prasanti, D. (2017). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Bagi Anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 23. https://doi.org/10.22202/mamangan.v6i1.1878

Karisma, Nurul. Rofia, Aida., Afifah, S.N., & Manik, Y.M. 2023. Kesehatan Mental Remaja dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying di Indonesia. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3). https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3439

Lucas-Molina, B., Pérez-Albéniz, A., Solbes-Canales, I., Ortuño-Sierra, J., & Fonseca-Pedrero, E. (2022). Bullying, Cyberbullying and Mental Health: The Role of Student Connectedness as A School Protective Factor. Psychosocial Intervention, 31(1), 33. https://doi.org/10.5093/pi2022a1

Mustika Sari, I. T., Marini, M., Ardi Santoso, D., & Setyowati, H. (2024). Pencegahan Bullying pada Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 549–554. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.654

Nie, T., Yan, Q., & Chen, Y. (2022). Authoritative parenting style and proactive behaviors: evidence from China?. Sustainability, 14(6), 3435. https://doi.org/10.3390/su14063435

Seroussi, D. E., & Yaffe, Y. (2020). Links between israeli college students’ self-regulated learning and their recollections of their parents’ parenting styles. Sage Open, 10(1). https://doi.org/10.1177/2158244019899096

Setiawan, A. I. B. (2025). Edukasi Pencegahan Perilaku Bullying sebagai Upaya Menjaga Kesehatan Mental Remaja. Bida: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 61-69. Retrieved from https://bida.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsbida/article/view/7

Sudirlan, I. F., Lena, L., Hidayat, T. R. C., & Muhopilah, P. (2024). Psikoedukasi Literasi Kesehatan Mental, Bullying, Advokasi Upaya untuk Meningkatkan Kesejahteraan Mental Remaja Kelas X SMKN Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(7), 2788–2792. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i7.1335

Sukmawati, I., Fenyara, A. H., Fadhilah, A. F., & Herbawani, C. K. (2021). Dampak bullying pada Anak dan Remaja Terhadap Kesehatan Mental. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2024 (Vol. 2, No. 1, pp. 126-144). https://conference.upnvj.ac.id/index.php/semnashmkm2020/article/view/1974

Tang, W., Chen, M., Wang, N., Deng, R., Tang, H., Xu, W., & Xu, J. (2023). Bullying victimization and Internalizing and Externalizing Problems in School-Aged Children: The Mediating Role of Sleep Disturbance and the Moderating Role of Parental Attachment. Child Abuse & Neglect, 138, 106064. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2023.106064

Muhopilah, P., Psikologi, M., & Dahlan, A. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15132

Torchyan, A. A., Houkes, I., & Bosma, H. (2024). Income Inequality and Socioeconomic Differences in Bullying Perpetration Among Adolescents in Post-Communist Countries of Europe: Findings from the HBSC study. Preventive medicine reports, 37, 102540. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2023.102540

Yokoji, K., Hammami, N., & Elgar, F. J. (2023). Socioeconomic Differences in the Association Between Bullying Behaviors and Mental Health in Canadian Adolescents. Journal of School Health, 93(5), 420-427. https://doi.org/10.1111/josh.13300




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i1.8926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter