ANALISIS KESANTUNAN BERBICARA PADA PERILAKU SISWA DI SD 1 JOJO KABUPATEN KUDUS

Kharisma Arum Handayani, Lintang Kironoratri, Linda Febrianingrum

Abstract


Tujuan penelitian ini menganalisis kesantunan bicara pada perilaku siswa di SD 1 JOJO dan menjelaskan upaya guru dalam menanamkan kesantunan bicara pada siswa kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang jumlahnya 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD 1 JOJO pada bulan Desember 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitia yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi dalam bentuk gambar. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti menemukan kesantunan bicara pada siswa kelas IV terdapat dua jenis yaitu kesantunan bicara siswa ke guru dan kesantunan bicara siswa ke siwa. Upaya guru untuk menanamkan kesantunan bicara pada siswa kelas IV dengan dua cara yaitu nasihat dan pembiasaan yang baik.



DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i1.9710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter