The Application of Spelling Bee Techniques to Improve Foreign Language Vocabulary Mastery (English and French) for Beginner Level Students in the 2nd Semester of the Tourism Study Program at Garut University

Nissa Agniya Resmisari, Restu Dessy Maulida

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan proses pelaksanaan pembelajaran kosakata bahasa Asing (Inggris dan Prancis) dengan menggunakan teknik Spelling Bee, mengevaluasi kemampuan mahasiswa setelah penggunaan teknik Spelling Bee dan mengeksplorasi pendapat mahasiswa setelah menggunakan teknik tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimen dengan one shot case study design.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi Pustaka, tes dan angket. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa semester dua program studi pariwisata universitas Garut, dan sampel penelitian yang diambil adalah 28 orang Mahasiswa. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan Teknik Spelling Bee efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Asing (Inggris dan Prancis). Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata sebesar 80,5. Berdasarkan skala penilaian nilai tersebut masuk ke dalam klasifikasi baik. Tanggapan positif juga terlihat dari hasil kuesioner bahwa pembelajaran Bahasa Asing (Inggris dan Prancis) menggunakan Spelling Bee menunjukkan respon positif. Hal tersebut terlihat dari persentase angket sebesar 100% mahasiswa merasa penguasaan kosakata secara fonologis dan maknawi meningkat.


Keywords


Penguasaan kosakata;Spelling Bee



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v8i1.13439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter