TEACHER’S PERCEPTION ON FOLKLORES IN ENGLISH TEXTBOOK IN SMA 1 BAE KUDUS

Riyan Dwi Cahyaningsih

Abstract


Pemilihan bahan ajar merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh guru. Melalui proses pemilihan bahan ajar yang tepat, proses belajar menjadi sukses. Pentingnya mengetahui persepsi guru dalam penggunaan bahan ajar sangat penting diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang teks cerita rakyat dalam buku teks bahasa Inggris di kelas X SMA 1 Bae Kudus. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Daftar pernyataan dan pertanyaan yang diberikan kepada guru kelas X SMA 1 Bae Kudus untuk mengetahui persepsi guru terhadap teks cerita rakyat bahan ajar kelas X.

Hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa persepsi guru berbeda bila menanggapi teks cerita rakyat yang digunakan untuk materi pembelajaran. Kelas X guru bahasa Inggris ada yang menjawab "Ya" ada juga yang menjawab "Tidak" baik dalam pernyataan atau pertanyaan yang diberikan oleh peneliti. Jawabannya berbeda karena persepsi guru terhadap masalah yang timbul dalam belajar keterampilan membaca, ketepatan dalam memanfaatkan kearifan lokal dan makna dalam cerita rakyat. Peneliti menyarankan agar teks cerita rakyat yang digunakan dalam mengajar siswa kelas X adalah teks cerita rakyat yang mengelilingi lingkungan siswa yang memiliki nilai dan pesan yang penting untuk diketahui siswa dan dapat dipertahankan terus menerus. Pentingnya pemilihan bahan ajar yang tepat dibuat sesuai dengan konteks lingkungan belajar sehingga siswa akan tepat sasaran dengan target agar siswa dapat melindungi dan melestarikan cerita rakyat.

Kata kunci: Persepsi guru, Cerita Rakyat, Buku Teks.




DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1756

Article Metrics

Abstract views : 499| PDF (Bahasa Indonesia) views : 3359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter