ANALISIS SIMBOL WACANA IKLAN DETERGEN PADA SIARAN TELEVISI RCTI: KAJIAN SEMIOTIKA

Hetilaniar Hetilaniar

Abstract


Wacana adalah sarana komunikasi yang baik dalam masyarakat. Iklan merupakan salah satu bentuk wacana yang paling mudah untuk mempengaruhi penonton.  Di samping itu, iklan televisi merupakan salah satu sarana komunikasi budaya yang paling dekat dengan manusia sehingga dengan media televisi tersebut, penonton dengan mudah terpengaruh untuk melakukan budaya konsumtif. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah makna simbol wacana iklan detergen pada siaran televisi RCTI. Diharapkan dengan adanya penelitian ini penonton lebih selektif dalam menyikapi sesuatu yang ditawarkan pada iklan televisi.

   Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah iklan detergen yang disiarkan pada stasiun televisi RCTI. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik rekam. Analisis data diawali dengan memotong iklan per shot, lalu memaknainya dengan menggunakan teori Roland Barthes, yaitu memaknai simbol-simbol pada iklan detergen tersebut yang dihubungkan dengan mitos.

            Setelah dilakukan analisis, didapat bahwa semua simbol pada iklan detergen menyiratkan kemudahan dalam melakukan kegiatan mencuci, hasil cucian akan lebih cepat bersih, detergen yang ramah lingkungan, kemandirian, baju putih tidak masalah terhadap noda membandel, dan pentingnya kedekatan ibu dan anak.



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.2512

Article Metrics

Abstract views : 450| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.