PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN EKSPERIMENTASI MODEL CIRC BERMEDIA VIDEO PEMBACAAN PUISI PADA SISWA KELAS V SD 1 TRITIS JEPARA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Permasalahan mendasar penelitian ini adalah kurangnya
keterampilan siswa dalam membaca puisi serta masih sulitnya mempraktikkan cara membaca puisi dengan membaca karya
sastra lainnya. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan aplikasi dari model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi
serta menemukan peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara dengan model dan media
tersebut. Sebanyak 28 siswa dan guru sebagai subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan dari siklus I sebesar 64% menjadi 89% pada siklus II. Hal ini merupakan bukti peningkatan keterampilan
membaca puisi siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara dengan eksperimentasi model CIRC berbantuan media video pembacaan
puisi.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Model CIRC, dan Media Video Pembacaan Puisi.
keterampilan siswa dalam membaca puisi serta masih sulitnya mempraktikkan cara membaca puisi dengan membaca karya
sastra lainnya. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan aplikasi dari model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi
serta menemukan peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara dengan model dan media
tersebut. Sebanyak 28 siswa dan guru sebagai subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan dari siklus I sebesar 64% menjadi 89% pada siklus II. Hal ini merupakan bukti peningkatan keterampilan
membaca puisi siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara dengan eksperimentasi model CIRC berbantuan media video pembacaan
puisi.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Model CIRC, dan Media Video Pembacaan Puisi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2784
Article Metrics
Abstract views : 878|
PDF (Bahasa Indonesia) views : 5288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.