PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN EKSPERIMENTASI MODEL CIRC BERMEDIA VIDEO PEMBACAAN PUISI PADA SISWA KELAS V SD 1 TRITIS JEPARA

Sajida Laila Hanif
Irfai Fathurohman
Sumarwiyah M.Pd.

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Permasalahan mendasar penelitian ini adalah kurangnya
keterampilan siswa dalam membaca puisi serta masih sulitnya mempraktikkan cara membaca puisi dengan membaca karya
sastra lainnya. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan aplikasi dari model CIRC berbantuan media video pembacaan puisi
serta menemukan peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara dengan model dan media
tersebut. Sebanyak 28 siswa dan guru sebagai subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan dari siklus I sebesar 64% menjadi 89% pada siklus II. Hal ini merupakan bukti peningkatan keterampilan
membaca puisi siswa kelas V SD 1 Tritis Jepara dengan eksperimentasi model CIRC berbantuan media video pembacaan
puisi.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Model CIRC, dan Media Video Pembacaan Puisi.



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2784

Article Metrics

Abstract views : 888| PDF (Bahasa Indonesia) views : 5301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter